Husna Rahmayunita
Kericuhan antara Timnas Indonesia U-22 dan Thailand di laga final Sea Games 2023 Kamboja (YouTube/Entertainment Mediacorp)

Bolatimes.com - Tiga pemain Timnas Indonesia U-22 mendapat sanksi dari Konfederasi Sepak bola Asia (AFC), imbas keributan lawan Thailand di final SEA Games 2023.

Ketiga pemain itu adalah Titan Agung Bagus, Komang Teguh Trisnanda, dan Muhammad Taufany Muslihuddin.

Titan dan Komang dinyatakan n melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 47 sehingga dihukum larangan bermain sebanyak enam pertandingan serta denda sebesar 1.000 dolar (Rp14.941.650).

Baca Juga:
Jadwal AVC Challenge Cup 2023 Hari Ini: Timnas Voli Putra Indonesia vs Thailand di Perempat Final

Sementara itu, Muhammad Taufany dinyatakan melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 51, namun ia hanya dikenakan larangan bermain sebanyak enam pertandingan tanpa dijatuhi
denda.

Selain ketigantya, AFC menjatuhkan hukuman kepada beberapa ofisial Timnas Indonesia. Para ofisial tersebut adalah Tegar Diokta Andias (sekretaris tim), Sahari Gultom (pelatih kiper), Ahmad Nizar Caesara Noor (dokter tim), dan Muhni Toid Sarnad.

Tegar dan Sahari Gultom dihukum tidak dapat mendampingi tim sebanyak enam pertandingan serta denda 1.000 dolar, sedangkan Ahmad Nizar dan Muhni Toid diskors enam pertandingan tanpa dijatuhi denda.

Baca Juga:
Terbukti Benar, Apa yang Dikatakan Shin Tae-yong Jelang Piala Dunia U-20 Kini Jadi Kenyataan

Selain dari pihak Indonesia, timnas Thailand juga tidak luput dari hukuman AFC. Untuk pemain, AFC hanya menghukum Soponwit Rakyart yang diskors enam pertandingan dan didenda 1.000 dolar.

Sedangkan untuk ofisial tim Thailand yang dihukum AFC, jumlahnya jauh melebihi Indonesia, yakni delapan orang. Kedelapan orang tersebut semuanya diskors untuk enam pertandingan, namun tidak semuanya dijatuhi denda.

Meski demikian, Federasi Sepak bola Thailand (FAT) dijatuhi denda 10.000 dolar karena melanggar Kode Disiplin dan Etik AFC Pasal 51.1.

Baca Juga:
Tokyo FC vs Tokyo Verdy: Pratama Arhan Tampil Starter, Hadapi Eks Bek Kiri Inter Milan Yuto Nagatomo

Sebelumnya, final SEA Games 2023 cabang sepak bola putra diwarnai keributan setelah sejumlah pemain dan ofisial Timnas Indonesia terlibat adu jotos dengan pihak Thailand.

Pertandingan final tersebut dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 5-2 itu. AFC tak tinggal diam dan menyelidi insiden yang terjadi.

Setelah Komite Etik dan Disiplin badan tersebut melakukan pertemuan pada 11 Juli, didapat keputusan untuk menjatuhkan hukuman kepada pihak-pihak yang terlibat melalui keterangan yang terdapat di laman resmi organisasi tersebut, demikian dimuat Antara.

Baca Juga:
Breaking News! Pratama Arhan Tampil Starter di Laga Tokyo Verdy vs Tokyo FC

Load More