Husna Rahmayunita
Gelandang Timnas Singapura U-23, Benjamin Davis. (Instagram/@ben_james_davis)

Bolatimes.com - Malaysia U-23 dan Singapura dipastikan tak berpartisipasi di Asian Games 2023, berbeda halnya dengan Timnas Indonesia.

Timnas Singapura U-23 menjadi negara terbaru yang mengumumkan absen dari kejuaraan Asian Games 2023 yang rencananya digelar 23 September-8 Oktober 2023.

Mengutip laman resmi Federasi Sepak Bola Singapuara (FAS), keputusan ini diambil karena sejalan dengan salah satu rekomendasi review, agar ereka fokus di dua turnamen, yakni Piala Asia U-23 2024 serta SEA Games 2023.

Baca Juga:
3 Pemain Keturunan Bergabung, Timnas Indonesia U-23 Makin Sangar Di Piala AFF U-23 2023

"Belajar dari tinjauan tersebut, kami juga mempertimbangkan waktu persiapan yang diperlukan untuk menyiapkan tim untuk setiap turnamen, terkait dengan komitmen para pemain terhadap klub, sekolah, dan layanan nasional mereka," ucap Sekjen FAS, Yazeen Buhari.

"Mengingat bahwa Asian Games dimulai dari Kualifikasi Piala Asia U-23, ini membuat partisipasi menjadi sangat menantang," sambungnya.

Sebelum Singapura, Timnas Malaysia U-23 lebih dulu mengumumkan ketidakikutsertaan di Asian Games 2023.

Baca Juga:
Bikin KMSK Deinze Populer di Indonesia, Marselino Sampaikan Pesan Berkelas untuk Netizen Tanah Air

Alasannya, Harima Malaya ingin ,engikuti turnamen lain yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang juga digelar pada September mendatang.

Berbeda dengan dua negara, Timnas Indonesia mempersiapkan diri untuk mengikuti Asian Games 2023.

Menariknya, Indonesia tak akan menurunkan Skuad U-23, melainkan U-20 untuk memberikan pengalaman serta menambah jam terbang kepada pemain muda.

Baca Juga:
Pulang Kampung, Bintang Timnas Thailand Blak-blakan Gagal Perkuat Klub Jepang

"Saya bicara ke coach Indra (Sjafri), yang Asian Games kami akan siapkan (pemain) U-20. Terus kenapa takut? Sama Argentina saja sudah berani," celoteh Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Stadion Madya Jakarta, Kamis (6/7/2023).

"Tidak ada target, targetnya buat masa depan. Kenapa U-20? Karena tahun depan jadi U-21. Jadi, nanti habis U-20, U-21, lalu ke U-22," terangnya.

Baca Juga:
Dipanggil TC Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim Pamer Prestasi Terbarunya dengan Sao Paulo

Load More