Rauhanda Riyantama
Potret pemain Hammarby. (Instagram/hammarbyfotboll)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh klub asal Swedia, Hammarby, yang merupakan klub milik Zlatan Ibrahimovic dan dikabarkan akan jadi pelabuhan pemain naturalisasi Indonesia, Shayne Pattynama.

Dilansir dari laman Fotbolskanalen, Selasa (11/7), Hammarby kabarnya tengah mencari bek kiri baru dan meminati jasa Shayne Pattynama.

Bahkan Hammarby dikabarkan sudah melepaskan penawaran ke Viking FK untuk memboyong pemain berusia 24 tahun tersebut.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Beri Sinyal untuk Tinggalkan Norwegia, Ingin Jajal Sepak Bola Indonesia?

Disebutkan bahwa klub Swedia itu menawarkan biaya sebesar 1,6 juta krona Swedia atau sekitar Rp2,2 miliar untuk mendapatkan jasa Pattynama.

Namun tawaran itu kabarnya mendapat penolakan dari Viking FK. Meski begitu, Hammarby disebutkan tak akan menyerah dan akan meningkatkan tawarannya.

Direktur Olahraga Hammarby, Erik Nevland, telah mengkonfirmasi bahwa saat ini pihaknya dan Viking FK tengan menegosiasikan harga untuk Pattynama.

Baca Juga:
Bermasalah dengan Shin Tae-yong, Berikut 4 Pemain Timnas Indonesia yang Kini Pengangguran

Kabar ketertarikan Hammarby terhadap penggawa Timnas Indonesia tersebut membuat klub Swedia ini jadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari Hammarby yang tak lain klub yang saat ini dimiliki seorang legenda sepak bola, yakni Zlatan Ibrahimovic.

Klub Kasta Teratas Swedia

Baca Juga:
Perannya Digantikan Asnawi Mangkualam, Pemain Anyar Jeonnam Dragons Kena Kritik Pelatih

Hammarby merupakan klub kasta teratas Swedia. Bisa dikatakan, klub ini merupakan salah satu klub tertua di negara tersebut karena berdiri 134 tahun lalu atau pada 10 April 1889.

Klub ini sendiri didirikan oleh seorang insinyur bernama Axel Robert Schonthal yang kemudian menjadi pimpinan pertama Hammarby.

Sejatinya, Hammarby berdiri untuk menaungi semua olahraga. Tapi pada 1915, klub ini mengalami diversifikasi dan merambah kancah sepak bola.

Baca Juga:
Profil Madrid Augusta, Pemain Diaspora yang Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-17

Setelah klub sepak bola berdiri pada 1915, Hammarby mulai bergabung dengan liga tertinggi Swedia kala itu yakni Svenska Serien pada tahun 1920.

Usai bergabung kasta teratas, Hammarby sempat mengalami kesulitan di awal-awal periode berdirinya klub sepak bola itu.

Bahkan butuh waktu lama bagi Hammarby merasakan gelar juara, di mana gelar pertama baru diraih pada 1989 saat bermain di Divisi 1 Utara yang merupakan kasta ketiga.

Lalu gelar pertama yang diraih di kasta teratas atau Allsvenskan didapatkan pada 2001 atau hampir satu abad sejak berdirinya klub.

Meski begitu, Hammarby terhitung rutin tampil di kompetisi Eropa. sejak 1983, klub berjuluk Bajen ini tercatat pernah tampil di UEFA Cup Winners Cup, UEFA Cup, Intertoto Cup, Liga Champions, dan Liga Europa.

Di kompetisi Eropa sendiri, Hammarby pernah menjadi juara bersama FC Utrecht di ajang Intertoto Cup yang digelar di setiap laga pramusim atau pertengahan tahun.

Saat ini, Hammarby sendiri berstatus klub kepunyaan Zlatan Ibrahimovic, mantan penggawa AC Milan yang baru pensiun pada tahun 2023 ini.

Ibrahimovic berstatus salah satu pemilik Hammarby setelah mengakuisisi klub tersebut pada 2019 lalu bersama dengan AEG.

Sebagai informasi, AEG sendiri adalah investor utama LA Galaxy, tim yang pernah dibela Ibrahimovic. Diyakini akuisisi Hammarby ini berkaitan dengan perekrutan Ibrahimovic pada 2018 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More