Rauhanda Riyantama
Wasit mengeluarkan keputusan kontroversial dengan member hadiah penalti kepada Persita Tangerang padahal pelanggaran di luar kotak. (Instagram)

Bolatimes.com - Pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024 kembali menghadirkan kontroversi dari pengadil lapangan atau wasit, yakni di laga Persita Tangerang vs PSIS Semarang.

Dalam laga yang tersaji di Stadion Indomilk Arena itu, tuan rumah Persita Tangerang mampu meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 atas PSIS Semarang, Sabtu (8/7).

Tim berjuluk Pendekar Cisadane itu mampu mencetak dua golnya di paruh kedua pertandingan, masing-masing di menit ke-61 dan menit ke-86.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Voli Putra Indonesia vs Bahrain di AVC Challenge Cup 2023

Adapun dua gol tersebut dicetak oleh dua penggawa asingnya, yakni Christian Rontini lewat tandukannya di menit ke-61 dan lewat sontekan Ezequiel Vidal di menit ke-86.

Berkat kemenangan 2-0 atas PSIS itu, Persita pun berhasil meraih kemenangan perdananya di Liga 1 musim 2023/2024 ini.

Di laga perdana, Persita sendiri sempat menderita kekalahan kala bertandang ke markas Barito Putera dengan skor 0-2.

Baca Juga:
Posting Wajah Pelatih Hiroshi Jofuku, Akun Medsos Tokyo Verdy Diserbu Netizen: Pratama Arhan Kemana?

Dalam kemenangan Persita atas PSIS ini, terdapat sebuah keputusan kontroversial dari wasit yang memimpin pertandingan, yakni Rio Permana Putra.

Wasit Rio Permana Putra membuat keputusan kontroversial di babak pertama, kala memberikan hadiah penalti bagi Persita di menit ke-16.

Saat itu, wasit Rio Permana Putra memberikan hadiah penalti untuk Persita usai Irsyad Maulana dijatuhkan oleh salah satu pemain PSIS.

Baca Juga:
Bukan Elkan Baggott, Media Inggris Sebut Pemain Keturunan Inilah yang Akan Tembus Premier League

Padahal dalam tayangan ulang, terlihat Irsyad Maulana dijatuhkan oleh salah satu penggawa PSIS tepat di luar kotak penalti.

Beruntung bagi PSIS, penalti kontroversial dari wasit itu tak membuahkan gol bagi Persita, usai sepakan Mateo Bustos mampu ditepis oleh Adi Satryo.

Baca Juga:
Transfer Ngeri Bekasi FC, Rekrut Eks Bomber Asing Persib Bandung dan Legenda Persija Jakarta

Tak pelak keputusan kontroversial wasit ini menambah panjang daftar keputusan kontroversial wasit di pekan kedua Liga 1 2023/2024.

Di pekan kedua ini, keputusan kontroversial wasit terlihat sejak laga pertama antara PSS Sleman vs Persis Solo, dan berlanjut Persebaya Surabaya vs Barito Putera,

Tak cukup sampai di situ saja, keputusan kontroversial itu kembali tercipta di laga terakhir pekan kedua Liga 1 2023/2024 kala Bhayangkara Presisi Indonesia ditumbangkan oleh RANS Nusantara.

Banyaknya keputusan kontroversial wasit ini membuat pecinta sepak bola Tanah Air mempertanyakan hasil seleksi terhadap wasit Liga 1 2023/2024.

Sebagai informasi, sebelum Liga 1 2023/2024 dimulai, PSSI yang bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang atau JFA sempat menggelar seleksi wasit.

Dari banyaknya wasit yang mengikuti seleksi tersebut, hanya ada 18 wasit yang lolos dan berhak memimpin laga-laga di Liga 1 2023/2024.

Namun dari dua pekan awal Liga 1 2023/2024 ini, sebagian dari 18 wasit yang lolos seleksi itu tercatat mengeluarkan keputusan kontroversial yang bisa atau bahkan merugikan tim yang bertanding.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More