Rauhanda Riyantama
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bolatimes.com - Perusahaan konsultan desain asal Inggris, Buro Happold baru-baru ini membuat pengakuan mengejutkan soal Jakarta International Stadium (JIS). Mereka menyebut stadion yang dibangun di era mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu tak sesuai desain awal.

JIS kini memang tengah jadi polemik karena diklaim tak sesuai standar FIFA untuk menggelar sebuah pertandingan. Mulai dari infrastruktur stadion hingga jenis rumput yang digunakan.

Terkain hal ini, Buro Happold yang merupakan konsultan desain stadion tersebut buka suara. Mereka mengklaim bahwa pembangunan stadion tersebut tak sesuai desain awal.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Bawa Viking FK Menang, Rafael Struick Tak Tinggal Diam

"Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold. Temuan ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah," demikian keterangan Buro Happold, dilansir dari Suara.com.

Buro Happold juga menegaskan tidak diminta mendesain JIS maupun menjadi kontraktor dalam pembangunan stadion megah berkapasitas 82 ribu penonton itu.

"Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion ini. Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan kemudian."

Baca Juga:
Kagumi Gol-gol Berkelas Timnas Putri Indonesia U-19 ke Gawang Kamboja, Netizen: Marko Simic Harus Lihat Ini

"Pihak PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019."

Buro Happold mengklarifikasi bahwa lingkup pekerjaan mereka dalam pembangunan JIS adalah pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian untuk soal teknis dan komersial (technical and commercial assessment), konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area), serta peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

"Merujuk pada perkembangan situasi, Buro Happold merasa perlu untuk memberikan penjelasan lebih detil di laman resmi perusahaan mengenai ruang lingkup pekerjaan dalam Proyek JIS guna menghindari kesalahan informasi dan persepsi," demikian pernyataan Buro Happold.

Baca Juga:
Profil Mauro Zijlstra, Striker Keturunan yang Bisa Dilirik Shin Tae-yong

Sementara itu, Jakarta International Stadium kini direncanakan segera direnovasi besar-besaran oleh pemerintah untuk mengejar jadwal Piala Dunia U-17 2023 pada November mendatang. 

Load More