Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia, Zulfiandi saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Bolatimes.com - Berikut lima pemain berlabel bintang yang masih bisa direkrut oleh klub-klub Liga 1, di mana mayoritas pemain tersebut merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia.

Tak ada yang mengetahui bagaimana nasib seorang pesepak bola dalam kariernya di masa depan. Sebab, seorang pemain bisa saja mengalami penurunan performa sehingga didepak klub-klubnya.

Kondisi ini kerap terjadi di kompetisi teratas Indonesia atau Liga 1. Banyak pesepak bola yang kerap didepak akibat penurunan performa atau faktor cedera.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Sengit, Persebaya Surabaya Ditahan Imbang Barito Putera

Kontrak jangka pendek yang diterapkan klub-klub Liga 1 pun juga membuat banyak pemain harus rela tak diperpanjang kala kontraknya habis.

Akibatnya, tak terhitung jumlah pemain Indonesia yang harus berstatus tanpa klub usai didepak karena penurunan performa atau cedera.

Bahkan situasi ini berlaku bagi para pemain yang memiliki label Timnas Indonesia. Status sebagai jebolan skuad Garuda tak membuat masa depan seorang pemain terjamin begitu saja.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Kejutan, Dewa United Taklukkan Tuan Rumah PSM Makassar

Kondisi tersebut saat ini menimpa lima pemain ini, yang harus berstatus tanpa klub atau belum menemukan klub baru usai didepak oleh klub lamanya.

Lantas, siapa saja para pemain dengan label Timnas Indonesia yang kini berstatus tanpa klub dan bisa direkrut secara gratis oleh klub-klub Liga 1 lainnya? Berikut daftarnya.

1. Irfan Bachdim

Baca Juga:
Kontroversi, Wasit Tak Beri Hadiah Penalti usai Rian Miziar Menarik Yevhen Bokhashvili

Irfan Bachdim merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia yang namanya melejit pada Piala AFF 2010 lalu. Saat ini ia kariernya tersendat karena belum memiliki klub baru.

Pemain kelahiran Amsterdam ini tengah tak memiliki klub usai kontraknya tak diperpanjang oleh Persis Solo yang merupakan klub terakhirnya.

2. Osvaldo Haay

Baca Juga:
Menpora Kirimkan 30 Nama Diaspora ke PSSI untuk Piala Dunia U-20 2023, Siapa Saja?

Osvaldo Haay pernah dilabeli sebagai salah satu calon bintang Timnas Indonesia usai tampil apik di level kelompok umur dan juga di kompetisi Liga 1.

Tapi faktor cedera dan penurunan performa membuatnya kini berstatus tanpa klub, usai dirinya memutuskan berpisah dengan Persija Jakarta.

3. Zulfiandi

Zulfiandi sempat dilabeli sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Indonesia. Bahkan performanya sempat membawanya ke Timnas Indonesia pada 2018 lalu.

Namun kini pemain berusia 27 tahun itu harus menerima kariernya terhenti setelah dirinya berstatus tanpa klub, usai Madura United tak memperpanjang kontraknya dan melepasnya.

4. Andik Vermansah

Nama Andik Vermansah begitu familiar di telinga pecinta sepak bola Indonesia, karena dirinya berstatus mantan bintang Timnas Indonesia.

Kini di usianya yang ke-31, eks DC United dan Selangor FA ini harus berstatus tanpa klub pasca didepak oleh Bhayangkara FC usai berakhirnya Liga 1 2022-2023.

5. Ruben Sanadi

Ruben Sanadi menjadi salah satu putra Papua yang mampu menancapkan namanya di sepak bola Tanah Air hingga menembus Timnas Indonesia.

Namun performa apiknya di sepak bola nasional tak membuatnya memiliki klub baru. Kini ia harus berstatus tanpa klub, dan diyakini tak ada yang merekrutnya karena usianya yang telah 36 tahun.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More