Husna Rahmayunita
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) dan Direktur Teknik Dennis Wise (kiri) menyampaikan arahan saat meninjau program Garuda Select di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023).( ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyambut positif saran dari Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, untuk membentuk Timnas Indonesia U-14.

Hal itu diungkap Erick Thohir usai berjumpa Dennis Wise untuk membahas keberlanjutan kerja sama antara PSSI dengan Garuda Select.

"Intinya kita bersepakat untuk sinkronisasi program antara Garuda Select dengan persiapan Timnas U-17, tetapi tadi Denis juga menyarankan (membentuk timnas) U-14," ujar Erick Thohir kepada awak media. 

Baca Juga:
Profil Mahesa Ekayanto, Pemain Binaan FC Dordrecht yang Layak Dipanggil ke Timnas Indonesia U-17

Mendengar usulan dari Dennis Wise, Erick Thohir mengaku pihaknya akan membahas hal tersebut. Ia sepakat dengan Dennis Wise yang berpandangan bila untuk membentuk timnas yang oke perlu persiapan sedini mungkin.

"Jadi nanti usulan dari Dennis mengenai U-14 kami akan diskusi di PSSI, sehingga ini jadi keputusan yang berkesinambungan antara U-14, U-17, U-20 dan lain-lain," tambahnya.

Sebetulnya, Indonesia juga pernah memiliki Timnas U-14. Namun karena sifatnya kondisional atau dibentuk dalam waktu singkat untuk kompetisi tertentu, maka tidak berkelanjutan.

Baca Juga:
Menilik Peluang Timnas Indonesia Hadapi Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Lantas, apa dampak positif jika PSSI bentuk Timnas Indonesia U-14?

1. Dorong Kompetisi Usia Dini

Mau tidak mau PSSI mesti memastikan kompetisi usia dini berlangsung dengan lebih tertata dan konsisten jika ingin membentuk Timnas U-14.

Baca Juga:
Link Live Streaming Arema FC vs Persib Bandung di BRI Liga 1 2023, Duel Legendaris

Pasalnya, hanya lewat kompetisi dan pembinaan yang tersusun rapi, maka suplai pemain Timnas Indonesia U-14 bisa terpenuhi dan berjalan.

2. Pembinaan yang Berjenjang

Dengan memiliki Timnas Indonesia U-14, maka Indonesia berpeluang punya pembinaan yang berjenjang untuk menyuplai pemain-pemain ke level timnas lebih tinggi.

Baca Juga:
Media Malaysia Girang usai Lawan Harimau Malaya di Laga Uji Coba Berhasil Juara Piala AFF-nya Asia Selatan

Hal ini sudah terlihat di era kepelatihan Shin Tae-yong di mana para pemain di level Timnas U-19 hingga Timnas U-23 bisa menjadi tulang punggung dari timnas senior.

Harapannya, Timnas U-14 bisa menjadi penyuplai pemain berbakat dan potensial untuk mengisi timnas Indonesia di level lebih tinggi.

3. Wadah Pemain Keturunan

Semakin banyaknya pemain keturunan Indonesia yang berkarier di luar negeri masuk ke pemberitaan menunjukkan bahwa banyak talenta-talenta muda Indonesia dengan kualitas mumpuni.

Hadirnya Timnas U-14 bisa menjadi salah satu wadah untuk “menampung” para pemain muda keturunan Indonesia. Kedepannya, para pemain ini berpotensi untuk memperkuat Timnas Indonesia di level usia yang lebih tinggi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More