Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Teknologi VAR di Vietnam sudah siap diaplikasikan (Soha.vn)

Bolatimes.com - Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di BRI Liga 1 2023/2024 kini mulai diterapkan. Kegiatan VAR Education untuk wasit lapangan itu diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 Juli 2023.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun menyempatkan diri hadir dalam acara pelatihan VAR tersebut. Dalam agenda ini, diikuti 42 wasit yang terdiri dari 18 wasit yang akan bertugas di BRI Liga 1 2023/2024 dan 24 wasit yang nantinya akan bertugas di Liga 2.

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir mengatakan bahwa PSSI harus mengeluarkan uang hingga miliaran rupiah untuk menghadirkan VAR di BRI Liga 1 2023/2024.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2023/2024 Pekan Kedua: Ada PSS Sleman vs Persis Solo hingga Persikabo 1973 vs Persija Jakarta

"Kami sudah pelajari akan study banding dengan Jepang ada struktur perwasitan yang harus diperbaiki secara menyeluruh dan biaya tidak murah. Itu miliar-miliaran," terang Erick Thohir usai acara, Jumat (7/7/2023).

"Itu tidak pernah kami di PSSI punya anggaran segini besar untuk perwasitan. Kami coba mencari dana lagi. Saya terima kasih kepada liga (Indonesia Baru) yang bisa mendorong ada percepatan VAR sehingga menjadi terobosa luar biasa," sambungnya.

Erick menjelaskan targetnya ke depan adalah membuat wasit di Indonesia tak lagi di pandang sebelah mata. Segala upaya dilakukan agar para pengadil lapangan dipandang dengan bagus masyarakat.

Baca Juga:
Media Vietnam Congkak Sebut Timnasnya Selangkah Lebih Maju Dibanding Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Kami ingin pastikan para wasit siap punya kemampuan dan juga konfiden. Karena itu, selain tadi sudah ada training menjelaskan, saya masuk kasih pandangan ke depan mengenai perwasitan kita harus lebih baik," ucap Erick usai acara, Jumat (7/7/2023).

"Kenapa? Karena ini menjadi kunci. Kalau perwasitan kita tidak ada peningkatan, jalan pertandingan tidak maksimal," sambungnya.

Lebih lanjut, Erick meminta dukungan pemerintah agar VAR bisa ditetapkan secara menyeluruh. Salah satunya adalah renovasi stadion agar sesuai standar.

Baca Juga:
PSSI Gandeng Garuda Select untuk Seleksi Pemain Timnas Indonesia U-17, Netizen Lempar Pujian Selangit

"Saya berharap pemerintah bisa membantu renovasi 16 stadion yang bisa untuk BRI Liga 1 dan sudah ada sistem VAR-nya nanti. Kalau stadion di SUGBK, I Wayan Dipta, Manahan sudah punya. Akan tetapi, yang lainnya harus dimaksimalkan. Akan kami dorong agar ada perbaikan," pungkasnya.

Load More