Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Argentina. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - PSSI telah memutuskan untuk menunjuk Shin Tae-yong sebagai nakhoda Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Dia diyakini bisa membawa skuad Garuda Muda meraih gelar juara.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah resmi menunjuk Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

"Untuk Piala AFF U-23, Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia senior ada di bawah Coach Shin Tae-yong," kata Erick Thohir saat memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga:
27 Atlet yang Resmi Jadi PNS Kemenpora, Ada Anthony Ginting hingga Kevin Sanjaya

Apabila mempertimbangkan berbagai faktor, pelatih asal Korea Selatan itu sebetulnya punya peluang yang cukup besar untuk mengantarkan skuad Garuda Muda meraih trofi di Piala AFF U-23 2023.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Shin Tae-yong mampu membawa Timnas Indonesia U-23 meraih gelar juara Piala AFF U-23 2023.

1. Modal Juara SEA Games 2023

Baca Juga:
Erick Thohir Temui Dirtek Garuda Select yang Dampingi Bima Sakti, Ini yang Dibahas

Salah satu alasan yang membuat Shin Tae-yong memiliki kesempatan besar untuk mempersembahkan gelar juara pertamanya bersama Timnas Indonesia U-23 ialah generasi emas SEA Games 2023.

Pasalnya, sebelum diasuh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri sudah berhasil mempersembahkan medali emas SEA Games 2023. Artinya, nama-nama pemain yang ada bakal memiliki mental juara.

Indra Sjafri sudah membuktikan bahwa skuad Garuda Muda bisa bersaing setidaknya di level Asia Tenggara, meski levelnya masih di usia muda.

Baca Juga:
Dua Pemain Keturunan Idaman Shin Tae-yong Jadi Incaran Klub Top Italia, Bakal Sulit Dinaturalisasi?

2. Rekor Apil di Piala AFF U-23

Timnas Indonesia U-23 memang hanya mencatatkan satu kali partisipasi saja di kejuaraan Piala AFF U-23. Momen itu terjadi pada tahun 2019 yang berlangsung di Kamboja.

Skuad Garuda Muda yang saat itu diasuh oleh Indra Sjafri pun sukses keluar sebagai juara. Mereka sukses meraih trofi setelah menundukkan Thailand dengan skor 2-1 di partai final. Dua gol dicetak oleh Sani Rizki dan Osvaldo Haay.

Baca Juga:
Striker 185 Cm Garuda Select Cetak Gol di Laga Debut Liga 1, Netizen: Lebih Menjanjikan dari Dendy Sulistyawan

Ini tentu menjadi catatan yang apik. Sebab, hanya dengan satu kali partisipasi saja, Timnas Indonesia U-23 sudah bisa meraih gelar juara. Sebagai catatan, Indonesia absen pada edisi 2005 dan 2022.

3. Vietnam Bawa Skuad U-20

Piala AFF U-23 2023 tampaknya bukan menjadi prioritas utama bagi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Pasalnya, mereka tak terlihat ambisius untuk meraih gelar juara pada turnamen ini.

Hal ini tak terlepas dari keputusan pelatih Timnas Vietnam, Phillipe Troussier, yang akan membawa pemain U-20 di ajang ini. Langkah tersebut diambil untuk memberikan pengalaman internasional bagi pemain muda.

Dengan kekuatan semacam ini, Vietnam tentu bukan menjadi lawan yang layak dikhawatirkan oleh Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More