Arif Budi Setyanto
Pelatih Shin Tae-yong saat memimpin pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, jelang FIFA Matchday Juni 2023 kontra Palestina dan Argentina. [PSSI]

Bolatimes.com - PSSI menunjuk Shin Tae-yong menjadi pelatih timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 serta Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Akankah turnamen ini bakal berbuah gelar pertama juru taktik asal Korea Selatan?

"Untuk Piala AFF U-23, Kualifikasi Piala Asia U-23, timnas Indonesia senior ada di bawah Coach Shin Tae-yong," kata Erick Thohir saat memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Selain itu, sang juru taktik asal Korea Selatan juga ikut andil dalam melatih dan mempersiapkan timnas dalam FIFA Matchday pada September serta putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober.

Baca Juga:
Didampingi Dennis Wise, Bima Sakti Seleksi 132 Pemain untuk Timnas Indonesia U-17 Jelang Piala Dunia U-17 2023

"Kita saat ini hanya bisa berusaha tapi tetap harus dipersiapkan dengan baik, harus mengikuti prosedur dan persiapan agar pemain muda kita tidak cedera juga. Ini harus dijaga karena ada generasi emas, sehingga jangan sampai kita melakukan pemaksaan dan menyesal di kemudian hari," sambungnya.

Sementara itu, Indra Sjafri yang merupakan pelatih Timnas Indonesia U-23 akan mengawal tim di Asian Games 2023 yang akan digelar di Hangzhou, China, yang akan bergulir pada 23 September hingga 8 Oktober.

Nah, Piala AFF U-23 2023 akan diselengarakan mulai Agustus mendatang. Tim Garuda Muda tergabung di grup B bersama Malaysia serta Timor Leste.

Baca Juga:
Sudah Main di Timnas Qatar, Apakah Abdurrahman Iwan Bisa Perkuat Timnas Indonesia U-17?

Ada dua grup lain di turnamen ini, Thailand yang menjadi tuan rumah di grup A bakal bertemu Kamboja, Brunei Darussalam, serta Myanmar. Sedangkan Vietnam akan melawan Filipina dan Laos.

Adapun untuk format penyisihan grup, hanya tim yang menjadi juara pada masing-masing grup berhak lolos secara langsung ke semifinal.

Sementara satu tim lainnya akan dipilih berdasarkan klasemen kecil para runner-up dari semua grup. Tim runner-up terbaik akan melengkapi kuota para peserta semifinal Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga:
Erick Thohir Minta Polemik JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17 Disetop: Bukan Waktunya Salah-salahan

Shin Tae-yong pun berpotensi mempersembahkan gelar pertamanya bersama Indonesia. Apalagi di kelompok umur U-23, Garuda Muda meraih medali emas di SEA Games 2023.

Load More