Rauhanda Riyantama
Vitor Roque, bocah ajain asal Brasil yang direkrut Barcelona. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Vitor Roque, bocah ajaib asal Brasil yang dikabarkan akan segera bergabung dengan raksasa Liga Spanyol, Barcelona.

Di bursa transfer musim panas 2023 ini, Barcelona yang tengah mengalami krisis finansial, tak mau ketinggalan berburu pemain baru.

Terbaru, klub berjuluk Los Cules itu dilaporkan akan mendatangkan bocah ajaib dari Brasil yakni Vitor Roque yang membela Atletico Paranaense.

Baca Juga:
Terang-terangan Puji Ibu Rafael Struick, Netizen Rebutan Jadi Menantu

Dilaporkan oleh juru transfer kenamaan Italia, Fabrizio Romano, Barcelona dan Atletico Paranaense telah sepakat soal harga untuk pemain berusia 18 tahun itu.

Dilaporkan lebih lanjut, Vitor Roque baru akan bergabung Barcelona pada Januari 2024 mendatang, bukan pada musim panas 2023 ini.

Baca Juga:
Jadi Lawan Impian Pemain Timnas Indonesia, Brasil Bakal Dilatih Carlo Ancelotti

Pasalnya Vitor Roque masih akan bermain untuk Atletico Paranaense di Serie A Brasil dan baru akan usai pada Desember 2023 mendatang.

Kesepakatan ini pun membuat Barcelona mendapatkan pemain incarannya. Kebetulan Vitor Roque juga telah lama mengungkapkan keinginannya bermain bagi raksasa Catalan itu.

Lantas, siapakah sosok Vitor Roque tersebut? Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari rekrutan baru Barcelona tersebut.

Baca Juga:
Indonesia Ranking 150 FIFA, Erick Thohir Akui Kesulitan Cari Dirtek PSSI

Wonderkid Brasil

Vitor Roque merupakan pemain muda berposisi sebagai penyerang yang lahir di Timoteo, Brasil pada 28 Februari 2005 atau 18 tahun silam.

Kiprahnya di dunia sepak bola bermula di America Mineiro pada usia 10 tahun. Ia menimba ilmu di klub tersebut selama empat tahun atau hingga 2019.

Baca Juga:
Erick Thohir Tak Pasang Target untuk Timnas Indonesia di Asian Games 2023, Ini Alasannya

Pada 2019, Cruzeiro kemudian meminangnya dengan perjanjian bahwa mereka menjaga 65 persen hak ekonomi pemain dan America Mineiro menerima 35 persen hak ekonomi pemain.

Tak butuh waktu lama, Vitor Roque mendapat kontrak profesional di Cruzeiro di usia 16 tahun, dan kemudian mencatatkan debutnya beberapa bulan pasca mendapat kontrak profesional itu di Serie B atau kasta kedua Brasil.

Tepat sebelum usianya menginjak 17 tahun, Vitor Roque mampu mencatatkan gol debutnya di level profesional pada 20 Februari 2022 yang membuat namanya meroket.

Pada April 2022, Atletico Paranaense kemudian merekrutnya dengan harga 24 juta real Brasil atau Rp74 miliar yang menjadi rekor transfer bagi klub.

Meski mengeluarkan dana besar, Atletico Paranaense mendapat tuah dari kehadiran Vitor Roque, di mana ia mampu mencetak tujuh gol dari 36 laga di berbagai ajang pada tahun 2022.

Berlanjut di tahun 2023 atau tahun keduanya, Vitor Roque makin bertaji dan mampu mencatatkan 15 gol dari 29 laga di seluruh ajang untuk Atletico Paranaense.

Catatan ini membuatnya kemudian menjadi incaran klub-klub besar Eropa, termasuk Barcelona yang dikabarkan telah mengamankan jasanya.

Disebutkan bahwa Barcelona sepakat menebusnya dengan harga 45 juta euro atau Rp736 miliar, yang membuat Atletico Paranaense untung 10 kali lipat.

Penampilan apik Vitor Roque di usia muda bahkan membuatnya dipanggil ke Timnas Brasil. Ia pun sempat mencatatkan debutnya kala Selecao menghadapi Maroko di FIFA Matchday Maret 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More