Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Media Jepang, Friday Digital, menilai Indonesia sebagai negara Asia Tenggara yang lemah. Penilaian tersebut didasarkan dari peringkat FIFA.

Indonesia saat ini berada di posisi 150 dalam peringkat FIFA. Tentu apabila dibandingkan dengan Jepang sangat jauh, karena mereka ada di urutan ke-20.

"Indonesia berada di peringkat 149 (150-red) yang rendah oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA), dibandingkan dengan peringkat ke-20 Jepang," tulis Friday Digital.

Baca Juga:
Ditawari untuk Main di Klub Jepang, Taisei Marukawa: Lebih Baik di Indonesia Saja

Friday Digital sendiri mengatakan hal tersebut ketika membahas pemain asal Jepang di Liga Indonesia, Taisei Marukawa, yang terbilang sukses.

Dalam pembahasan tersebut, terdapat interview Friday Digital dengan Taisei Marukawa.

Meski peringkat FIFA Indonesia lemah, media tersebut cukup terkejut dengan gaji yang diberikan untuk Taisei Marukawa.

Baca Juga:
PSSI Kontrak Pelatih asal Jepang untuk Latih Timnas Putri Indonesia, Diikat 4 Tahun

Tidak disebutkan jumlahnya, tetapi gaji Marukawa dianggap setara dengan para pemain top yang tampil reguler di J1 League atau kasta teratas Liga Jepang.

Load More