Rauhanda Riyantama
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bolatimes.com - Jakarta International Stadium (JIS) akan direnovasi besar-besaran agar sesuai standar FIFA demi jadi venue Piala Dunia U-17 2023, salah satunya pergantian rumpyt. Pemerintah pun menganggarkan dana cukup besar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut butuh dana kurang lebih Rp6 miliar untuk benahi rumput Jakarta International Stadium (JIS).

Salah satu yang menjadi sorotan harus segera dibenahi adalah rumput. Basuki mengatakan butuh dana sekira Rp6 miliar untuk membereskan permasalahan rumput JIS setelah berdiskusi dengan ahlinya Qamal Mustaqim.

Baca Juga:
Punya Paspor Indonesia, Kiper Diaspora Berpostur 180 Cm Ini Berhasrat Dipanggil untuk Piala Dunia U-17 2023

Itu belum termasuk pengeluaran dari sektor lain. Ia mengatakan selain rumput, ada beberapa fasilitas yang harus ditambah supaya JIS bisa standar FIFA.

"Belum saya hitung, yang saya tahu baru rumput tadi saya tanya Pak Qamal (Mustaqim) sekitar Rp6 miliar. Nanti kalau JPO kita harus hitung dahulu," kata Basuki saat ditemui di JIS, Selasa (4/7/2023).

Basuki menambahkan sudah berbagi tugas dengan beberapa pihak untuk benahi JIS. Selain rumput, yang akan ditambah dari stadion berkapasitas 80 ribuan penonton itu adalah akses masuk dan keluar agar tak terjadi kepadatan.

Baca Juga:
Sudah Siapkan Uang, AC Milan Ngebet Rekrut Pemain Berdarah Indonesia Tijjani Reijnders

"Ini kita kerjakan keroyokan. Mulai rumput butuh Rp6 miliar satu lapangan dari PUPR. JPO (Jembatan Penyeberangan Orang ke Ancol dari PUPR," terang Basuki.

"Lalu, kereta api dari DKI. Ramp (penghubung jalan) dari Jasamarga. Kemudian ada stasiun sementara dari KAI, sedang dibangun oleh dirutnya," pungkasnya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-17 Dapat Bocoran, Pelatih Jepang Bagi Resep Sukses Juara Piala Asia U-17 2023

Load More