Irwan Febri Rialdi
Elias Dolah gabung Bali United. (Dok. Bali United)

Bolatimes.com - Fenomena sedikitnya pemain Thailand yang mengisi slot kuota pemain ASEAN di Liga 1 2023/2024. Perlahan mulai terungkap, salah satu penyebabnya ternyata soal budget.

Menurut sumber Bolatimes, pemain memiliki harga yang berbeda-berbeda, terutama Thailand seperti Elias Dolah yang direkrut oleh Bali United.

Pemain yang memiliki tujuh caps bersama Timnas Thailand, disebut-sebut mendapatkan gaji di atas 14 ribu dolar atau kisaran Rp 210,3 juta per bulan.

Baca Juga:
Striker Jebolan Garuda Select Cetak Gol Debut di Liga 1, Eks Pelatih Timnas Indonesia Tepuk Tangan

Berbeda dengan beberapa pemain asal Filipina, ada yang bisa didapat dengan gaji 4 ribu atau sekitar Rp 60 juta saja per bulan.

Tentu tidak semua, angka tersebut disebutkan hanya berdasarkaan contoh nama dua pemain. Bisa saja, nama pemain lain dari negara yang sama memiliki gaji lebih tinggi atau rendah.

Namun, jika merujuk informasi tersebut, bisa saja menjadi salah satu alasan mengapa hanya ada satu pemain Thailand yang direkrut klub Indonesia. Sedangkan klub-klub lain memilih ASEAN lainnya seperti Filipina yang ada sampai delapan nama.

Baca Juga:
Bagus Kahfi Jalani Debut Bersama Barito Putera, Eks Pemain Chelsea Bereaksi

Di sisi lain, menurut cerita striker asing PSS Sleman, Yevhen Bokashvili, kepada media Ukraina. Gaji pemain asing tertinggi adalah di Persib Bandung, yakni 15-20 ribu per bulan.

Sementara pemain lokal disebut mendapat 8-9 dolar.

"Mungkin Persib Bandung jadi tim dengan gaji tertinggi di Indonesia dibanding klub-klub lainnya," kata Yevhen Bokhashvili, dikutip dari Football Ukraine.

Baca Juga:
Gacor! Striker Jangkung Garuda Select Debut di BRI Liga 1 2023-2024, Langsung Cetak Gol

"Di sana pemain asing mendapat gaji 15-20 ribu dolar per bulan, sementara pemain lokal mendapat 8-9 ribu dolar per bulan," tuturnya menambahkan.

Load More