Irwan Febri Rialdi
Pengamat sepak bola, Coach Justin. (YouTube/Sport77)

Bolatimes.com - Pengamat sepak bola Justinus Lhaksana alias Coach Justin mengingatkan pecinta sepak bola Indonesia agar tidak terbuai dengan kejuaraan Asia Tenggara (ASEAN).

Coach Justin mengatakan bahwa dirinya bangga dengan pencapaian Indra Sjafri yang membawa Garuda Muda menjuarai SEA Games 2023.

Namun, ia berharap prestasi Asia Tenggara tidak menjadi puncak kebanggaan publik. Sebab, ada event yang lebih penting dan bergengsi, yakni Piala Asia dan Piala Dunia.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Dicibir Exco PSSI Tak Bisa Juara 'Piala Ciki', tapi Hasil Kinerjanya Dipuji Media Inggris

Oleh karena itu, Coach Justin event Piala Asia lebih penting daripada sekadar kejuaraan Asia Tenggara. Apalagi tak semua negara ASEAN mampu tampil di Piala Asia.

Ia mencontohkan Singapura. Negara tetangga tersebut sudah empat kali menjadi 'Raja ASEAN' dengan berhasil menjadi juara Piala AFF, yakni pada 1998, 2004, 2007, dan 2012.

Namun, Singapura tidak mampu lolos ke Piala Asia pada medio tersebut. Singapura pernah sekali tampil di Piala Asia pada 1984, itu pun karena menjadi tuan rumah.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Terciduk Bertemu dengan Bos Bali United, Netizen Penasaran Apa yang Dibicarakan

"Fans kardus teriak AFF, AFF. Singapura 4 kali menang AFF, enggak pernah maju ke Piala Asia," ucap Justinus Lhaksana, dikutip dari YouTube Maenmaen, (1/7/2023).

Menurut Coach Justin, value Piala Asia lebih tinggi dari Piala AFF. Ia pun menganggap lolos grup Piala Asia lebih berharga dibanding 10 kali juara Piala AFF.

"Makanya gue bilang kita kalau lolos grup, untuk gue valuenya lebih berharga daripada 10 Piala AFF," tuturnya menutup.

Baca Juga:
Diisukan Terlibat Kasus Korupsi BTS Kominfo, Menpora Dito Ariotedjo: Saya Tidak Tahu Apa-apa

Load More