Irwan Febri Rialdi
Cek fakta FIFA kecam JIS. (YouTube/Garuda Jaya)

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa induk sepak bola dunia, FIFA, mengecam Jakarta International Stadium (JIS) saat mengecek venue Piala Dunia U-17 2023. Benarkah?

Informasi tersebut disebarkan oleh kanal YouTube GARUDA JAYA yang terlihat dari Thumbnail dan judul untuk video yang diunggahnya.

Dalam Thumbnail video, terlihat wajah Gianni Infantino selaku Presiden FIFA dan Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI tengah tertawa dengan kalimat FIFA kritik JIS di bagian bawahnya.

Baca Juga:
Girang Bukan Kepalang, Media Jepang Bersyukur Indonesia Ditunjuk jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Lalu informasi itu diperkuat oleh judul yang digunakan kanal GARUDA JAYA yang menyebut FIFA mengecam stadion yang terletak di Jakarta tersebut.

“KABAR MENGEJUTKAN !! FIFA Kecam Stadion JIS Saat Pengecekan Piala Dunia U-17,” bunyi judul video yang diunggah GARUDA JAYA.

Hingga artikel ini dibuat, Sabtu (1/7), video tersebut telah ditonton sebanyak 8 ribu kali dan menuai 72 komentar dari netizen Tanah Air.

Baca Juga:
5 Calon Top Skor Liga 1 2023-2024, Ada Dua Striker yang Dicoret Shin Tae-yong

PENJELASAN

Video dibuka cuplikan video pernyataan Erick Thohir yang menyebut Stadion JIS dan melanjutkan pernyataannya dengan FIFA akan meninjau ulang.

Video kemudian dilanjutkan dengan narasi bahwa FIFA mengecam Stadion JIS serta klaim bahwa tim FIFA tengah melakukan pengecekan di Jakarta jelang Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:
Profil Elisangelo Jardim de Jesus, Ayah Welber Jardim yang Pernah Main di Liga Indonesia

Video GARUDA JAYA itu kemudian melanjutkan dengan narasi bahwa FIFA tak ragu mengeluarkan pernyataan yang mengecam Stadion JIS.

Video tersebut juga mengklaim bahwa FIFA tak terkesan dengan Stadion JIS dan kecewa dengan seluruh fasilitas dalam stadion tersebut.

Narasi video tersebut kemudian menyebut FIFA membongkar kekurangan Stadion JIS yakni soal sarana dan prasarana, kondisi lapangan yang kurang sempurna, serta sistem keamanan yang kurang memadai.

Baca Juga:
Diintervensi Pemerintah sampai Ketum Federasi Mundur, Thailand akan Disanksi Banned FIFA?

Bahkan video itu mengutip pernyataan Ketua Tim Pengecekan FIFA, John Anderson, yang mengaku kecewa dengan kondisi Stadion JIS.

Lalu video tersebut menyebutkan bahwa pernyataan John Anderson itu menjadi viral di media sosial dan membuat pecinta sepak bola Indonesia mempertanyakan kesungguhan pemerintah dalam menggelar Piala Dunia U-17 2023.

KESIMPULAN

Berdasarkan informasi yang terlihat dari Thumbnail, judul, serta isi video kanal YouTube GARUDA JAYA, bisa disimpulkan bahwa informasi yang diedarkannya masuk kategori hoaks.

Sebab klaim bahwa FIFA mengecam Stadion JIS sama sekali tak berdasar, karena tak adanya laporan mengenai kecaman dari induk sepak bola dunia itu untuk stadion tersebut.

Selain tak ada kabar sama sekali soal pengecekan oleh tim FIFA di Indonesia dalam beberapa waktu ke belakang ini, terlebih untuk Piala Dunia U-17 2023.

Terakhir kali FIFA melakukan pengecekan stadion di Indonesia pun terjadi pada Maret 2023 lalu, saat Indonesia bersiap menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Setelah ditelusuri lebih dalam, kanal YouTube GARUDA JAYA juga memberikan kabar hoaks soal kecaman dari John Anderson selaku Ketua Tim Pengecekan FIFA.

Pasalnya, tak ada kabar tersebut sama sekali baik belakangan ini atau beberapa waktu lalu. Terlebih lagi, belum diketahui John Anderson benar Ketua Tim Pengecekan FIFA atau bukan.

Dengan kesimpulan ini, kanal YouTube GARUDA JAYA telah menyebarkan informasi hoaks atau menyesatkan karena tak sesuai dengan realita yang ada dan memasukkan pernyataan-pernyataan yang tak berdasar sama sekali.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More