Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Ramadhan Sananta usai menjebol gawang Jeonbuk Hyundai Motors. (Instaram/@persisofficial)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain calon top skor atau pencetak gol terbanyak kompetisi sepak bola kasta teratas Indonesia, yakni Liga 1 musim 2023-2024.

Dalam hitungan jam saja, ajang Liga 1 musim 2023-2024 akan segera bergulir yang ditandai dengan duel pembuka antara Bali United vs PSS Sleman, Sabtu (1/7) pukul 15.00 WIB.

Duel tersebut akan membuka kampanye Liga 1 2023-2024 yang hadir dengan aturan baru maupun format baru dalam penyelenggaraannya.

Baca Juga:
Diintervensi Pemerintah sampai Ketum Federasi Mundur, Thailand akan Disanksi Banned FIFA?

Aturan baru yang dimaksud adalah semakin banyaknya pemain asing yang bisa diboyong, dengan aturan 5+1 atau lima pemain asing bebas dan satu pemain asing Asia Tenggara.

Sedangkan untuk format baru, Liga 1 2023-2024 akan menerapkan dua babak yakni babak reguler dan babak Playoff layaknya kompetisi basket.

Di babak reguler, ke-18 tim kontestan masing-masing akan bertanding sebanyak 34 kali. Nantinya empat peringkat teratas akan melakoni laga Playoff guna menentukan gelar juara.

Baca Juga:
Hampir 2 Minggu di Indonesia, Netizen Minta PSSI Naturalisasi Bek Timnas Argentina Nicolas Tagliafico

Hadirnya aturan baru dan format baru ini tentu akan memberikan dampak terhadap banyak hal, terutama soal pencetak gol terbanyak.

Dengan aturan enam pemain asing, setiap klub kontestan Liga 1 pun berbondong-bondong menghadirkan penyerang asing yang bisa mengubah peta persaingan di papan top skor.

Belum lagi dengan maraknya penyerang lokal yang tajam dan bisa turut meramaikan perebutan gelar top skor di kompetisi teratas Indonesia itu.

Baca Juga:
Petir di Siang Bolong, Thailand Terancam Sanksi 'Banned' dari FIFA

Lantas, siapa saja pemain yang bakal menjadi calon top skor Liga 1 2023-2024? Berikut daftarnya.

1. Matheus Pato (Borneo FC)

Penyerang Borneo FC, Matheus Pato melakukan selebrasi. (Twitter/@MatheusAntnio7)

Penyerang asal Brasil, Matheus Pato, diyakini bisa meneruskan prestasinya musim lalu sebagai top skor di Liga 1 2023-2024 ini.

Baca Juga:
Profil Darije Kalezic, Eks Nahkoda PSM Makassar yang Kini Latih Rafael Struick di ADO Den Haag

Di musim lalu, penyerang Borneo FC itu mampu mencetak total 25 gol dan menyabet gelar sepatu emas. Torehan itu pun membuatnya diyakini bisa mengulangi pencapaiannya tersebut.

2. David da Silva (Persib Bandung)

Aksi David da Silva saat Persib Bandung takluk lawan Barito Putera 1-2. (Dok. Persib)

Matheus Pato harus berhati-hati dengan kompatriotnya, David da Silva, yang musim lalu mampu menempel ketat dirinya dalam perebutan gelar top skor.

Penyerang Persib Bandung ini konsisten masuk daftar top skor Liga 1. Pada 2018 lalu ia mampu mencetak 20 gol dan pada 2022-2023 lalu ia mencetak 24 gol. Konsistensinya ini membuatnya bisa menjadi calon kuat peraih gelar top skor Liga 1 2023-2024.

3. Marko Simic (Persija Jakarta)

Marko Simic kembali perkuat Persija Jakarta. [Persija_Jkt]

Usai pemain asingnya gagal masuk daftar top skor musim lalu, Persija Jakarta pun kini merekrut kembali penyerang asing lamanya, Marko Simic.

Marko Simic bukan nama sembarangan karena punya kemampuan mencetak gol mumpuni. Ia bahkan pernah menyabet gelar top skor Liga 1 2019 dengan 28 gol.

4. Ilija Spasojevic (Bali United)

Selebrasi Ilija Spasojevic usai cetak gol saat Timnas Indonesia hajar Brunei 7-0 di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Dari kubu Bali United ada nama Ilija Spasojevic yang juga punya kiprah apik dalam menjebol gawang lawan di setiap gelaran Liga 1.

Pemain naturalisasi itu rata-rata mencetak dua digit gol di setiap gelaran Liga 1 dari 2017. Bahkan ia mampu menjadi top skor pada Liga 1 2021-2022 lalu.

5. Ramadhan Sananta (Persis Solo)

Selebrasi Ramadhan Sananta usai menjebol gawang Jeonbuk Hyundai Motors. (Instaram/@persisofficial)

Liga 1 2023-2024 diyakini akan jadi panggung bagi penyerang lokal, Ramadhan Sananta, berkat kemampuan mencetak golnya yang mumpuni.

Di musim lalu, ia berhasil mencetak 11 gol bersama PSM Makassar. Di Liga 1 2023-2024 ini, ia telah berseragam Persis Solo dan mampu menunjukkan tajinya dengan mencetak tiga gol dari tiga laga pramusim.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More