Husna Rahmayunita
Julian Oerip saat bermain di AZ Alkmaar. (Instagram/julianoerip)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain keturunan Grade A yang bisa dipanggil Timnas Indonesia U-17 untuk berpartisipasi di Piala Dunia U-17 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 akan berlaga di event dunia yakni Piala Dunia U-17 2023 yang rencananya akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Tim berjuluk Garuda Asia ini akan berpartisipasi di ajang tersebut usai FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah menggantikan Peru.

Baca Juga:
Hampir 2 Minggu di Indonesia, Netizen Minta PSSI Naturalisasi Bek Timnas Argentina Nicolas Tagliafico

Sekadar informasi, Peru harus menerima status tuan rumahnya dicabut pada April lalu akibat ketidaksiapan infrastruktur.

Karenanya Indonesia yang batal menggelar Piala Dunia U-20 2023 dan siap secara infrastruktur, kemudian ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti Peru.

Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah pun membawa berkah bagi Timnas Indonesia U-17 yang akhirnya berkesempatan bermain di Piala Dunia U-17 2023 sebagai wakil tuan rumah.

Baca Juga:
Petir di Siang Bolong, Thailand Terancam Sanksi 'Banned' dari FIFA

Namun jelang partisipasinya ini, Timnas Indonesia U-17 tak punya kesiapan perihal materi pemain berkualitas, menyusul minimnya kompetisi antarpemain muda di Tanah Air dalam setahun terakhir.

Untuk mengakalinya, PSSI pun bisa memanggil para pemain ke- turunan Grade A guna membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Siapa saja para pemain keturunan Grade A yang bisa membela Timnas Indonesia U-17 tersebut? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Profil Darije Kalezic, Eks Nahkoda PSM Makassar yang Kini Latih Rafael Struick di ADO Den Haag

1. Welber Jardim

Welber Jardim merupakan pemain muda keturunan Indonesia yang saat ini tengah berkiprah di Brasil bersama salah satu klub papan atas, yakni Sao Paulo. I

Pemain yang baru berusia 16 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Ayahnya sendiri merupakan mantan pesepak bola asal Brasil yang pernah bermain di Tanah Air, Elisangelo de Jesus Jardim.

Baca Juga:
Safawi Rasid Jadi Perhatian FIFA, Suporter Harimau Malaya: Ada yang Iri Malaysia Di-tag FIFA

Sejak lahir, Welber Jardim punya paspor Indonesia dan kini menetap di Brasil. Pemain yang berposisi sebagai Fullback dan winger ini pun bisa dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-17.

2. Han Willhoft-King

Pemain keturunan Indonesia lainnya yang berkiprah bersama klub top berlanjut pada diri Gabriel Han Willhoft King. la saat ini tercatat bermain di Tottenham Hotspur.

Diketahui, ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Berbeda dengan Welber Jardim, belum diketahui apakah Han Willhoft-King memiliki paspor Indonesia atau tidak.

Han Willhoft-King sendiri merupakan seorang gelandang yang bermain bagi tim U-18 Tottenham Hotspur. Talenta yang ia miliki membuatnya disebut-sebut sebagai pemain terbaik di posisinya untuk pemain seusianya.

3. Julian Oerip

Belanda memiliki banyak pemain keturunan Indonesia di negaranya. Salah satunya adalah Julian Oerip yang saat ini tercatat bermain di AZ Alkmaar.

Diketahui ia memiliki darah Indonesia dari sang kakek. Namun ia lahir di Belanda dan masih memegang paspor negeri Kincir Angin tersebut, sehingga harus melalui naturalisasi jika ingin membela Timnas U-17.

Julian Oerip sendiri berposisi sebagai gelandang serang. Talentanya diakui oleh AZ Alkmaar sehingga ia mendapat kontrak profesional pada usia 15 tahun.

 

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More