Gagah Radhitya Widiaseno
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti (Sumber: PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti memberikan kode untuk memanggil pemain keturunan jelang persiapan Piala Dunia U-17 2023. Wonderkid Sao Paulo siap unjuk gigi?

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 akan berpartisipasi di ajang Piala Dunia U-17 2023. Indonesia mendapatkan jatah lantaran ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Peru.

Jelang turnamen akbar ini, Bima Sakti memberikan kode akan memanggil pemain keturunan untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:
Dicoret Shin Tae-yong di FIFA Matchday Juni 2023, Wonderkid Timnas Indonesia Ini Justru Dilirik Pencari Bakat Eropa

"Ada banyak (pemain keturunan), saya sudah komunikasi juga sama pemainnya. Kemudian juga sama orang tuanya, sebagian mereka mengerti bahasa Indonesia, tapi tidak mengerti bicaranya. Tapi orang tuanya asal Indonesia ibunya atau papahnya," kata Bima Sakti saat dihubungi Suara.com, Jumat (30/6/2023).

"Kalau nama-namanya nanti saja ya, kan biar PSSI yang merilis. Yang pasti ada beberapa pemain yang akan kami kasih kesempatan di TC awal ini," sambungnya.

Lebih lanjut, Bima Sakti mengaku mendapat dukungan dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk memanggil pemain-pemain keturunan.

Baca Juga:
Sudah Komunikasi, Bima Sakti akan Panggil Pemain Keturunan di TC Timnas Indonesia U-17

Oleh sebab itu, jika kemampuannya sesuai dengan yang diinginkan, bukan tak mungkin masuk skuad Timnas Indonesia U-17.

"Saya sampaikan mau beri kesempatan kepada pemain diaspora yang orang tuanya punya keturunan Indonesia dan memiliki paspor Indonesia," terang Bima Sakti.

Sejauh ini, ada salah satu wonderkid yang bermain di Sao Paulo, Welberlieskott de Halim Jardim disebut-sebut berpotensi untuk membela Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga:
Tanggapan Bima Sakti usai Diejek Pelatih Tarkam dan Tak Layak Latih Timnas Indonesia U-17, di Luar Dugaan

Sang Ibu, Lielyana berharap anaknya bisa membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Striker muda keturunan Pontianak-Brasil, Welberlieskott de Halim Jardim. (Instagram/@welber07official)

Lielyana mengaku mau sekali anaknya yang dijuluki Neymar Indonesia oleh media Brasil, Esporte Fantastico, itu kelak bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Apalagi bisa membantu Garuda di ajang sekelas Piala Dunia.

"Saya sebagai ibu juga suami saya yang pernah main di Indonesia mau sekali dia bergabung untuk membela timnas Indonesia di Piala Dunia nanti," kata Lielyana seperti dikutip dari SuaraBekaci pada Maret 2022.

"Prosesnya bukan kemauan dari kita tapi di antara PSSI Indonesia dengan agen dan Clube Sao Paulo," tambahnya.

Adapun, Piala Dunia U-17 dijadwalkan berlangsung pada 10 November sampai dengan 2 Desember 2023.

Sebelum ajang dimulai, Bima Sakti akan menggelar pemusatan latihan (TC) pada Juli mendatang.

Load More