Irwan Febri Rialdi
Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia (Instagram/rafaelstruick)

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Rafael Struick, kini bakal mulai dilatih oleh mantan juru taktik PSM Makassar, Darije Kalezic. Juru taktik asal Bosnia-Herzegovina itu resmi menangani ADO Den Haag.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia, nama Darije Kalezic sebetulnya sudah tak asing lagi. Sebab, sebelum menangani klub yang diperkuat Rafael Struick di kasta kedua Liga Belanda, dia sempat mengasuh PSM Makassar.

Momen itu tepatnya terjadi ketika Darije Kalezic ditunjuk menakhodai Juku Eja di musim kompetisi 2019. Saat itu, dia bertugas mulai medio 2 Februari 2019 hingga 16 Desember 2019.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Tak Sebut Stadion di Bali untuk Piala Dunia U-17 2023, Masih Sakit Hati?

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, berselebrasi bersama para pemainnya usai keluar sebagai juara Piala Indonesia 2019, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (6/8). [ANTARA FOTO/Abriawan Abhe]

Pelatih yang kini telah berusia 53 tahun itu memang punya catatan yang luar biasa. Pasalnya, Darize Kalezic saat itu sukses mengantarkan PSM Makassar meraih gelar juara Piala Indonesia 2019.

Pada partai final, tim berjulukan Pasukan Ramang ini sukses menggebuk Persija Jakarta. Kesuksesannya menjuarai Piala Indonesia 2019 ini turut menghasilkan satu tiket untuk tampil di Piala AFC musim berikutnya.

Akan tetapi, kiprahnya di kompetisi memang tak sebanding lurus dengan prestasi tersebut. Sebab, Darije Kalezic hanya bisa membawa Wiljan Pluim dan kawan-kawan finis di urutan ke-12 klasemen Liga 1 2019.

Baca Juga:
Kemenpora Temukan 3 Pemain Top Berpaspor Indonesia, Bisa Perkuat Timnas U-17 di Piala Dunia Tanpa Naturalisasi

Sejak meninggalkan PSM Makassar pada akhir musim, dia sempat mendapat beberapa pekerjaan di Belanda. Awalnya, Kalezic dipercaya menangani klub kasta kedua Liga Belanda, MVV Maastricht.

Tugas itu dimulai dari 1 Juli 2020 hingga 30 Juni 2021. Setelah itu, dia memutuskan angkat kaki dan mendapatkan tawaran dari FC Utrecht U-21 dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

Bagus Kahfi melakoni debut bersama Jong Utrecht di laga persahabatan. (Instagram/baguskahfiii)

Bersama Jong Utrecht FC itu, Darije Kalezic pernah menangani dua pemain muda Indonesia, yakni Amiruddin Bagus Kahfi dan Ivar Jenner. Kini, menyambut musim baru, dia bakal kembali menangani pemain Indonesia lainnya, yakni Rafael Struick.

Baca Juga:
Profil Royal Excelsior Virton, Pernah Dijebol Marselino Ferdinan Kini Dibeli N'Golo Kante

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More