Irwan Febri Rialdi
Ketum PSSI Erick Thohir seusai menghadiri konferensi pers Piala Dunia U-17 2023 Indonesia di Menara Danareksa, Sabtu (24/6/23). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, terkejut dengan perputaran uang sebesar Rp 9 triliun dalam Liga 1 Indonesia. Ia pun memberikan apresiasinya terhadap BRI yang kembali menjadi sponsor untuk musim 2023/2024.

Pengumuman mengenai BRI sebagai sponsor utama Liga 1 diumumkan dalam konferensi pers yang dihadiri oleh Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama PT LIB (Liga Indonesia Baru) Ferry Paulus, dan Direktur Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad di Kantor Pusat BRI, Jakarta, pada hari Senin (26/6).

"Tadi disampaikan oleh BRI value-nya (perputaran ekonomi Liga) ini hampir Rp9 triliun. Angka yang saya juga baru tahu," kata Erick Thohir seperti yang dikutip dalam keterangan resmi pada hari Selasa.

Baca Juga:
3 Kekurangan Mendasar Stadion Mewah JIS, Bikin Sulit Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023

Survei yang dilakukan oleh LPEM Universitas Indonesia pada tahun 2020 memproyeksikan perputaran ekonomi dari kompetisi Liga 1 dapat mencapai antara Rp 2,7 hingga Rp 3 triliun dalam satu tahun.

Namun, berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh BRI Research Institute pada bulan Juni, penyelenggaraan BRI Liga 1 memiliki potensi untuk menciptakan perputaran uang yang lebih besar, mencapai sekitar Rp 9 triliun, yang memberikan dampak positif pada perekonomian Indonesia.

Direktur Utama BRI, Sunarso menjelaskan dari perputaran uang tersebut, dapat tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp 4,8 triliun, tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 1,8 triliun, potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 721 miliar, serta penciptaan kesempatan kerja sekitar 44.000.

Baca Juga:
Saddil Ramdani Mendadak Tutup Kolom Komentar Instagram, Efek 'Ngamuk' di Media Sosial?

Sunarso juga memproyeksikan bahwa kompetisi BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi stakeholder utamanya, termasuk dalam menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.

Erick Thohir juga mengungkapkan bahwa PSSI telah melakukan beberapa terobosan untuk meningkatkan kualitas kompetisi, termasuk penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) yang akan diterapkan pertengahan musim.

Selain itu, PSSI melalui PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menjalin kerja sama dengan wasit dari Jepang Football Association (JFA) untuk memberikan pelatihan kepada wasit Indonesia dan menerapkan regulasi pemain asing 5+1 yang merupakan standar dari AFC.

Baca Juga:
Dijuluki Neymar Indonesia, Ibu Striker Sao Paulo Ingin Anaknya Bisa Bela Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Erick juga mengajak para suporter untuk bersama-sama menjaga suasana yang kondusif dalam sepak bola di Indonesia menjelang dimulainya musim BRI Liga 1 2023-2024. Ia juga mengingatkan suporter untuk menjaga keamanan jelang bergulirnya kompetisi tersebut.

Liga 1 dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 1 Juli dengan pertandingan pembuka antara Bali United melawan PSS Sleman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, pukul 15.00 WIB. (Antara)

Baca Juga:
Kuota Pemain Asing Belum Lengkap, Wakil Presiden Persija Jakarta Bilang Begini

Load More