Rauhanda Riyantama
Elkan Baggott perpanjang kontrak dengan Ipswich Town. (Instagram/@Ipswichtown)

Bolatimes.com - Dua pemain keturunan Indonesia akan berkiprah di kompetisi kasta kedua Inggris atau Divisi Championship pada musim 2023/2024 bersama Ipswich Town. Siapa saja?

Sebagaimana diketahui, banyak pesepak bola keturunan Indonesia yang tersebar di berbagai liga-liga top Eropa, terutama di sepak bola Inggris.

Di Inggris yang notabene sebagai kompetisi paling elite di kancah sepak bola, beberapa pemain keturunan ini tersebar di berbagai klub.

Baca Juga:
Buntuti Old Trafford, SUGBK Masuk Daftar 10 Stadion Terbaik Dunia versi Media Inggris

Sebagai contoh adalah Kenny Tete yang membela Fulham di kasta teratas atau Premier League. Bek berkebangsaan Belanda ini diketahui memiliki keturunan Indonesia.

Darah Indonesia yang mengalir di tubuh pemain berusia 27 tahun itu datang dari sang ibu yang diketahui berasal dari Nias, Sumatera Utara.

Lalu ada pula sosok Jairo Riedewald, pemain asal Belanda berdarah Ambon yang saat ini tercatat berseragam Crystal Palace di Premier League.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2023/2024 Pekan Pertama, Dibuka Duel Bali United vs PSS Sleman

Tak hanya di Premier League atau kasta teratas saja, ada pula pemain keturunan Indonesia yang berkiprah di liga-liga bawahnya seperti Divisi Championship atau kasta kedua.

Uniknya, ada dua pemain keturunan Indonesia yang tercatat membela klub yang sama, yakni Ipswich Town di Divisi Championship musim 2023/2024 mendatang.

Lantas, siapa saja para pemain keturunan Indonesia yang membela Ipswich Town tersebut? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Status Kewarganegaraan Cyrus Margono Terkuak, Segera Bela Timnas Indonesia?

1. Elkan Baggott

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott saat debut bersama Ipswich Town. (Instagram/ipswichtown)

Elkan Baggott merupakan pemain keturunan yang kini tercatat sebagai bagian dari Timnas Indonesia, terhitung sejak 2021 lalu.

Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ibu. Elkan sendiri lahir di Bangkok, Thailand, dan kemudian sempat tinggal di Tanah Air, sebelum hijrah ke Inggris.

Baca Juga:
Sukses Kantongi Alejandro Garnacho, Asnawi Mangkualam Dapat Julukan Casemiro Indonesia

Di Inggris, ia meniti karier sebagai pesepak bola dengan bermain di akademi Ipswich Town pada 2016, dan berhasil mendapatkan debutnya pada 2020 lalu.

Ia sempat tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Inggris saat tampil di League One atau kasta ketiga kala melawan Rotherham United pada April 2022 lalu.

2. Massimo Luongo

Massimo Luongo gabung Ipswich Town. (Instagram/@ipswichtown)

Massimo Luongo merupakan pemain keturunan Indonesia selanjutnya yang ada di Ipswich Town dan tercatat sebagai penggawa Timnas Australia.

Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Tak disangka, sang ibu merupakan putri Sultan Bima dan Dompu.

Meski berdarah Indonesia, Luongo lahir dan besar di Australia. Bahkan ia meniti karier di negeri Kanguru itu sebelum hijrah ke Inggris dan bermain di akademi Tottenham Hotspur.

Petualangannya di Inggris berlanjut dengan membela klub-klub kasta kedua dan ketiga, hingga akhirnya kini ia berseragam Ipswich Town, sejak didatangkan dari Middlesbrough pada Januari 2023 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More