Rauhanda Riyantama
Pemain asing Persib Bandung, Tyronne Del pino. (Instagram/tyronne11)

Bolatimes.com - Dalam perburuan pemain asing di bursa transfer musim 2023/24, sejumlah klub Liga 1 membawa pemain Spanyol debutan datang ke Indonesia.

Perburuan pemain asing semakin gencar dilakukan setelah dikeluarkan regulasi baru dari PT LIB yaitu menambah kuota pemain asing menjadi 5+1, dengan detail 5 pemain asing berasal dari bebas negara dan 1 dari Asia Tenggara.

Kuota ini cukup bertambah signifikan dari musim-musim sebelumnya yang hanya membolehkan 3+!, yaitu 3 pemain non-Asia dan 1 pemain Asia.

Baca Juga:
Cristian Romero Pamer Foto Liburan di Bali usai Lawan Timnas Indonesia, Pemain Argentina Beri Respons Tak Terduga

Lantas, pemain Spanyol mana saja yang menjadi debutan di Liga 1?

1. Tyronne del Pino

Pemain asal Spanyol kelahiran Las Palmas ini menjadi pemain asing terbaru yang direkrut oleh Persib Bandung. Ia punya banyak pengalaman bermain di klub-klub Spanyol.

Baca Juga:
Erick Thohir Tegaskan Tak Bisa Batalkan Konser Coldplay di SUGBK

Del Pino sempat membela Las Palmas, Huesca, hingga Tenerife. Ia juga pernah mencoba peruntungan dengan bermain di Tenerife.

Meski menjadi debutan di Liga 1, Tyronne del Pino punya pengalaman dengan sepak bola Asia Tenggara. Karena sebelum direkrut Persib, ia membela klub Thailand, Nakhon Ratchasima.

2. Alberto Rodriguez

Baca Juga:
Selain Indonesia, Berikut Daftar Tuan Rumah Piala Dunia Wanita U-17 dan U-20 serta Piala Dunia Futsal

Keberadaan Luis Milla sebagai pelatih Persib sepertinya menjadi faktor datangnya pemain-pemain asing dari Spanyol di skuad Maung Bandung.

Karena sebelumnya ada Alberto Rodriguez Martin yang diperkenalkan sebagai bek anyar Persib. Alberto Rodriguez menghabiskan kariernya di Spanyol.

Musim lalu, ia membela CD Lugo yang bermain di Liga 2 Spanyol. Rodriguez total memainkan 36 pertandingan dan mencetak tiga gol buat  CD Lugo musim lalu.

Baca Juga:
Piala Dunia U-17 Bentrok dengan Konser Coldplay di SUGBK, Erick Thohir akan Cari Solusi

3. David Gonzalez Gomez

Persis Solo juga mendatangkan pemain asal Spanyol dalam diri David Gonzalez Gomez. Sama seperti Alberto Rodriguez, ini menjadi kali pertama ia bermain di Indonesia.

David Gonzales sebelumnya bermain untuk klub Covadonga, Oviedo Vetusta, CD Lealtad, Caudal, Up Langreo, serta UD Logrones. Terakhir, ia bermain di Algeciras CF yang berkompetisi di Primera Federacion atau divisi ketiga Liga Spanyol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More