Gagah Radhitya Widiaseno
Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Media Malaysia sewot tentang kabar Indonesia yang ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Seperti diketahui, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Hal ini diungkapkan FIFA dalam rapat dewan yang digelar melalui konferensi video, Jumat (23/6/2023).

"Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA 2023," tulis FIFA seperti dikutip dari situs resminya.

Baca Juga:
AVC Challenge Cup 2023: Timnas Voli Putri Indonesia versus Taiwan di Semifinal

Kabar in pun membuat salah satu media Malaysia, Makan Bola ikut menanggapinya. Mereka justru sewot dan menyenggol kegagalan Indonesia yang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Hal ini disebut karena faktor politik yang terjadi di Tanah Air. Kehadiran Timnas Israel menjadi salah satu yang dibahas. Namun kali ini FIFA justru memilih kembali Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk kelompok umur U-17.

"Sebelum ini, FIFA membatalkan hak Indonesia sebagai tuan rumah disebabkan faktor negara tersebut yang menolak kehadiran negara Israel disebabkan faktor politik," tulis Makan Bola.

Baca Juga:
Pemain Argentina Soroti Kualitas Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Sebut Levelnya Sama dengan Lokal

Ketum PSSI, Erick Thohir menyampaikan kemungkinan penetapan Indonesia sebagai tuan rumah dikarenakan faktor positif yang ditunjukkan Indonesia selama tiga bulan terakhir seperti perbaikan sarana-sarana stadion dan pertandingan FIFA Match Day yang menyita perhatian FIFA.

"Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA," ujar Erick dilansir dari laman resmi PSSI.

"kemudian perhelatan dua FIFA Match Day melawan Palestina dan Argentina, juara dunia Qatar 2022, yang sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepak bola internasional, menjadi alasannya. Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan," pungkasnya.

Baca Juga:
4 Bek Tangguh Keturunan Indonesia di Liga Inggris, Satu Sudah Berhasil Dinaturalisasi

Penunjukkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 ini berawal dari Peru yang memilih mundur jadi host turnamen tersebut.

Hal tersebut lantaran ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu.

 

Load More