Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Futsal Arab Saudi. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Timnas Futsal Arab Saudi, salah satu tim yang akan jadi lawan Indonesia pada babak Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024.

Sebagaimana diketahui, AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia belum lama ini menggelar drawing Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (22/6).

Dalam drawing tersebut, total ada 31 tim yang akan berpartisipasi dan akan dibagi ke dalam delapan grup. Nantinya, kualifikasi ini akan digelar pada 7-11 Oktober 2023.

Baca Juga:
Jadwal AVC Challenge Cup 2023, Timnas Voli Putri Indonesia vs India Malam Ini

Timnas Futsal Indonesia yang merupakan salah satu kontestannya pun telah diundi dan dipastikan akan menjadi tuan rumah kualifikasi untuk grup B.

Di grup B tersebut, Timnas Futsal Indonesia berada dalam satu grup bersama tim-tim seperti Arab Saudi, Afghanistan, dan juga Makau.

Melihat tiga lawannya di grup B itu, hanya Arab Saudi yang diprediksi bisa menjadi batu sandungan Timnas Futsal Indonesia untuk lolos ke Piala Asia Futsal 2024.

Baca Juga:
Pulang Kampung usai Gagal Bersinar di Eropa, Messi Vietnam Umbar Janji Manis

Meski secara peringkat Timnas Futsal Indonesia unggul atas Arab Saudi, namun tim berjuluk Green Falcons itu bisa menjadi sandungan untuk tim Merah Putih lolos sebagai juara grup.

Lantas, bagaimana dengan profil dari Timnas Futsal Arab Saudi selaku lawan tangguh bagi Timnas Futsal Indonesia di grup B Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024?

Tim Bau Kencur

Baca Juga:
Profil Fariq Hitaba, Wasit Berlisensi FIFA yang Tak Lolos Seleksi untuk Pimpin Laga di Liga 1 2023

Bila dibandingkan Timnas Futsal Indonesia, Timnas Futsal Arab Saudi tak punya rekam jejak mentereng dalam kancah futsal internasional.

Meski Timnas Futsal Arab Saudi pernah bermain di Piala Dunia Futsal edisi pertama yakni 1989, kiprah Green Falcons di kancah Asia tak begitu mentereng.

Hal ini terbukti dari kiprahnya, di mana dari 16 edisi Piala Asia Futsal sejak digelar pertama kali pada 1999, Timnas Futsal Arab Saudi baru lolos dua kali, yakni pada 2016 dan 2022.

Baca Juga:
Momen Latihan Perdana Mason Greenwood, Siap Comeback ke Manchester United

Di edisi sebelum-sebelumnya, Timnas Futsal Arab Saudi bahkan tak berpartisipasi di Piala Asia Futsal yakni pada 1999 hingga 2010 dan tak lolos kualifikasi pada edisi 2012 serta 2014.

Melihat fakta tersebut, bisa dikatakan Timnas Futsal Arab Saudi baru serius digagas tahun 2010an, berbeda dengan Timnas Futsal Indonesia yang lebih dulu berpartisipasi di ajang-ajang internasional.

Kiprah Timnas Futsal Arab Saudi yang bau kencur ini pun membuat Green Falcons tak punya prestasi mentereng di kancah regional maupun internasional.

Prestasi terbaik Timnas Futsal Arab Saudi sendiri hanyalah menjadi Runner Up WAFF Futsal Championship 2022, usai ditumbangkan Kuwait di partai puncak.

Tak ayal, ketiadaan prestasi dan rekam jejak mentereng di kancah internasional ini membuat Timnas Futsal Arab Saudi berada di peringkat ke-65 dunia.

Di Piala Asia Futsal sendiri, Timnas Futsal Arab Saudi tercatat lolos sebanyak dua kali pada edisi 2016 dan 2022 lalu. Meski lolos, Green Falcons tak bisa berbuat banyak di ajang tersebut.

Dalam dua kali kesertaannya di Piala Asia Futsal, Timnas Futsal Arab Saudi hanya berpartisipasi di fase grup saja, tanpa bisa menembus babak Knock Out.

Kini, Timnas Futsal Arab Saudi tengah berbenah agar bisa menandingi kehebatan tim sepak bolanya yang menjadi salah satu kekuatan Asia.

Dengan arahan pelatih asal Spanyol, Andreu Plaza, Timnas Futsal Arab Saudi berambisi memberi kejutan untuk lolos dan berbicara banyak di Piala Asia Futsal 2024.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More