Rauhanda Riyantama
Timnas Futsal Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Asia Futsal 2022 usai kalahkan kalahkah Taiwan 4-1. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Mengupas sepak terjang Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala Asia Futsal, seiring tuntasnya hasil drawing untuk babak kualifikasi ajang tersebut.

Belum lama ini, AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia menggelar drawing Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024, Kamis (22/6), di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam drawing tersebut, total ada 31 kontestan yang akan diundi ke dalam delapan grup dan akan bersaing memulai kualifikasinya pada 7-11 Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga:
Malaysia Bakal Absen di Asian Games 2022, Ketakutan Bertemu Timnas Indonesia?

Timnas Futsal Indonesia sendiri dipastikan masuk ke dalam grup B bersama dengan tim lainnya seperti Arab Saudi, Afghanistan, dan Makau.

Kesempatan Timnas Futsal Indonesia untuk melangkah ke putaran final Piala Asia Futsal 2024 pun terbuka sangat lebar pada babak kualifikasi ini.

Pasalnya, Timnas Futsal Indonesia akan jadi tuan rumah kualifikasi grup B. Selain itu, ranking dari tim Merah Putih juga lebih baik dari lawan-lawannya di grup B.

Baca Juga:
Marko Simic Balik ke Persija Jakarta, Thomas Doll Simpan Harapan Besar

Mengingat nantinya juara dan Runner Up grup saja yang akan lolos ke putaran final, maka Timnas Futsal Indonesia pun berpotensi lolos ke Piala Asia Futsal 2024.

Dengan kemungkinan besar lolos ke putaran final, bagaimana dengan sepak terjang Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala Asia Futsal?

Rutin Lolos ke Putaran Final

Baca Juga:
Mirisnya Seleksi Wasit Liga 1 2023/2024: Diikuti 160 Orang, Tapi yang Lolos Cuma 18

Berbeda dengan tim sepak bolanya, Timnas Futsal Indonesia punya rekam jejak apik di kancah Asia, yakni pada Piala Asia Futsal.

Sejak ajang tersebut digelar pada 1999 dan telah digelar sebanyak 16 kali, Timnas Futsal Indonesia tercatat mampu lolos sebanyak 10 kali.

Pertama kali Timnas Futsal Indonesia lolos ke Piala Asia Futsal terjadi pada 2002 lalu, saat Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah dan olahraga ini merebak di kalangan masyarakat.

Baca Juga:
Beda Kontras dengan Pemain Timnas Indonesia Lainnya, Isi Piring Witan Sulaeman Bikin Gagal Fokus

Pada Piala Asia Futsal 2002 itu, Timnas Futsal Indonesia harus puas hanya bermain di fase grup saja dan gagal lolos ke babak Knock Out atau babak gugur.

Catatan hanya bermain di fase grup ini berlanjut kala Timnas Futsal Indonesia lolos ke Piala Asia Futsal edisi 2003, 2004, 2005, dan 2006.

Usai gagal lolos pada Piala Asia Futsal 2007, langkah Timnas Futsal Indonesia yang hanya bermain di fase grup berlanjut di edisi 2008, 2010, 2012, dan 2014.

Di dua edisi berikutnya, yakni 2016 dan 2018, Timnas Futsal Indonesia tak berpartisipasi di Piala Asia Futsal akibat sanksi FIFA dan gagal di babak kualifikasi.

Pada edisi 2020, Piala Asia Futsal yang rencananya digelar di Turkmenistan, sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19 yang menyerang berbagai negara.

Barulah pada edisi 2022, Piala Asia Futsal kembali digelar di Kuwait. Pada edisi inilah, Timnas Futsal Indonesia mencatatkan torehan terbaiknya dalam sejarah mengikuti ajang ini.

Di Piala Asia Futsal 2022, Timnas Futsal Indonesia berhasil mencapai babak perempat final, usai menjadi Runner Up grup C di belakang Iran.

Sayangnya setelah lolos babak perempat final, langkah Timnas Futsal Indonesia dihentikan oleh Jepang dengan skor 3-2, yang kemudian berhasil menjadi juara Piala Asia Futsal 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More