Irwan Febri Rialdi
Proses seleksi wasit Liga 1 2023/2024. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kualitas wasit Liga 1 akhirnya terlihat masih jauh dari harapan. Ini terlihat setelah PSSI melakukan seleksi untuk wasit yang akan memimpin laga Liga 1 2023/24.

Disebutkan oleh Dirut PT Liga Baru Indonesia (LIB), Ferry Paulus, bahwa ada total 160-an wasit yang mengikuti tes dan seleksi wasit Liga 1.

Seleksi yang dilakukan oleh PT LIB, PSSI, dan bantuan FIFA ini disebut mengejutkan buat federasi tertinggi sepak bola dunia tersebut.

Baca Juga:
Beda Kontras dengan Pemain Timnas Indonesia Lainnya, Isi Piring Witan Sulaeman Bikin Gagal Fokus

Dikatakan oleh Ferry, FIFA terkejut karena dari 160-an wasit yang mengikuti seleksi, hanya 18 wasit saja yang lolos dan bakal memimpin Liga 1 musim depan.

“Teman-teman dari FIFA itu agak terkejut. Terkejutnya dari 160-an wasit yang diseleksi, wasit tengah ya, itu hanya 18 yang lolos,” ucap Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, kepada wartawan pada Rabu (21/6).

“Ini yang menjadi konsen daripada teman-teman FIFA. Apakah 18 ini betul-betul sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh FIFA sebagai instruktur nantinya,” tambahnya.

Baca Juga:
Demi Gelar Lebih Prestisius, Kylian Mbappe Dapat Dukungan Lionel Messi Gabung Real Madrid

Namun belakangan, pernyataan Ferry Paulus ini diluruskan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Menteri BUMN itu menyebut wasit yang mengikuti tes berjumlah 55 orang.

Dari 55 wasit yang mengikuti seleksi itu, ada 28 orang yang lolos untuk memimpin laga Liga 1. Namun demikian, hanya wasit dengan peringkat terbaik yang akan bertugas di Liga 1.

Dijelaskan oleh eks pemilik Inter Milan tersebut bahwa wasit di peringkat 1-18 akan memimpin laga Liga 1. Sementara untuk wasit di peringkat 19 hingga 28 bakal bertugas di Liga 2 musim 2023/24.

Baca Juga:
Soroti Timnas Indonesia, Pemain asal Argentina Puji Shin Tae-yong

Erick juga menambahkan, ada 107 wasit yang mengikuti tes untuk memimpin Liga 2. Dari jumlah itu, 54 wasit lolos seleksi. 

Nantinya, peringkat satu sampai 14 akan mengisi kuota wasit Liga 2. Sisanya akan mengisi kompetisi Liga 3 dan Elit Pro Academy.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Timnas Indonesia akan Beruji Coba Lawan Malaysia di FIFA Matchday September

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More