Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Emiliano Martinez kagum dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan. (YouTube/Injury Time TV)

Bolatimes.com - Kanal YouTube INJURY TIME TV belakangan ini mengunggah sebuah video yang narasinya berisi soal kekaguman kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, yang kagum dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Dalam judul video unggahannya tersebut, kanal YouTube INJURY TIME TV menyebutkan bahwa lemparan ke dalam Pratama Arhan sangat luar biasa, bahkan tak pernah dia temui di Piala Dunia 2022.

“Emiliano: Di Piala Dunia Pun Gak Ada yang Seperti Itu! Kena Ulti Lemparan ke Dalam,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube INJURY TIME TV dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Asnawi Mangkualam Diminati Klub Premier League Wolverhampton Wanderers

Lalu benarkah Emi Martinez secara khusus memberikan pujian dan kekagumannya terhadap lemparan ke dalam Pratama Arhan dalam laga FIFA Matchday itu? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Jika video yang berdurasi 5:43 menit itu ditelaah secara lebih seksama, sebagian besar narasinya memang menjelaskan jalannya pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Argentina yang berakhir dengan skor 2-0.

Baca Juga:
4 Negara yang Berpotensi Disalip Timnas Indonesia Andai Raih Hasil Positif di FIFA Matchday September 2023

Kanal YouTube INJURY TIME TV ini baru membahas soal lemparan ke dalam Pratama Arhan ke area kotak penalti Timnas Argentina mulai dari menit 4:00 hingga akhir video.

Narator dalam video ini menyinggung soal unggahan Emi Martinez melalui akun Instagram pribadinya. Salah satu foto dalam unggahan tersebut ialah ketika dia terbang untuk menghalau tandukan Elkan Baggott yang memanfaatkan lemparan Arhan.

“Emiliano Martinez pun mengakui, bahkan dalam Instagram pribadinya, dia memposting bahwa dirinya tengah terbang untuk menepis lemparan Pratama Arhan yang membahayakan gawangnya,” bunyi narator.

Baca Juga:
Media Argentina Beri Julukan Baru Buat Pratama Arhan Berkat Kemampuan Lemparan ke Dalam

Selain itu, kanal YouTube ini juga membahas mengenai caption yang digunakan oleh kiper Aston Villa tersebut dalam foto-foto unggahannya di Instagram.

“Dalam caption unggahannya ia mengatakan pertandingan lain dengan Timnas Argentina selalu menjadi kebanggaan bisa mewakili negara dengan komitmen dan keseriusan, yang dituntut Timnas Ini. Ini sangat luar biasa,” ujar narator.

Jika melihat seluruh isi dari video ini, sama sekali tidak ada penjelasan yang memuat soal pernyataan Emiliano Martinez yang membahas lemparan ke dalam jarak jauh yang dilakukan oleh Pratama Arhan.

Baca Juga:
Profil Dimitris Kolovos, Gelandang Serang Dewa United yang Pernah Lawan Real Madrid dan Inter Milan

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa judul dan narasi yang disampaikan oleh kanal YouTube INJURY TIME TV dalam videonya ini tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, Emi Martinez sama sekali tak menyinggung soal lemparan ke dalam Pratama Arhan yang tak dijumpainya saat menjuarai Piala Dunia 2022.

Dengan demikian, hal semacam ini dapat dikategorikan sebagai false-connection alias koneksi yang salah. Sebab, sama sekali tak ada keterkaitan antara judul dengan isi yang disajikan.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More