Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Pembagian pot undian Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah mulai tersebar. Timnas Indonesia tampaknya harus berjuang keras di fase ini karena tergabung di pot keempat alias terbawah.

Timnas Indonesia yang berada di pot keempat dalam undian Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini akan bersaing dengan negara lainnya untuk memperebutkan jatah 8 1/3 slot untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Jumlah ini mengalami peningkatan yang cukup drastis. Pasalnya, gelaran Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko, akan diikuti sebanyak 48 negara dari enam konfederasi.

Baca Juga:
Dapat Dua Jempol dari Presiden Jokowi, Reaksi Shin Tae-yong Bikin Kagum

Berdasarkan informasi yang dilansir dari akun Twitter @FootyRangkings, terdapat empat pot yang dibagi pada babak undian alias drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Untuk pot pertama memang diisi negara-negara elite di Asia seperti Jepang, Iran, Australia, Korea Selatan, hingga Uni Emirat Arab. Lalu, pot kedua dihuni Uzbekistan, China, Yordania, Bahrain, Suriah, Vietnam, dan India.

Sementara itu, pot ketiga berisi Lebanon, Tajikistan, Thailand, Filipina, Korea Utara, Malaysia, hingga Hong Kong. Adapun pot keempat ada Timnas Indonesia, Taiwan, Maladewa, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanmar, hingga Kamboja.

Baca Juga:
Karena Aturan Baru, Pemain Indonesia Kini Bisa Main di Liga Inggris seperti Striker Muda Thailand

Karena statusnya sebagai tim terbawah dalam pembagian pot undian Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini, Timnas Indonesia harus berjuang lewat babak pertama.

Skuad Merah Putih akan berduel terlebih dahulu melawan negara-negara Asia yang tergabung pada pot unseeded. Pertandingan ini nantinya digelar pada 12-17 Oktober 2023.

Beberapa lawan yang berpotensi dihadapi Timnas Indonesia pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ialah Macau, Mongolia, Bhutan, Laos, Brunei Darussalam, Bangladesh, Timor Leste, Pakistan, Guam, Sri Lanka, dan Kepulauan Mariana Utara.

Baca Juga:
Video Pemain Timnas Islandia Mencoba Teknik Lemparan Maut Pratama Arhan, Begini Hasilnya

Kemenangan pada fase ini menjadi harga mati bagi skuad asuhan Shin Tae-yong karena bakal menentukan langkah mereka ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More