Irwan Febri Rialdi
Momen duel Asnawi Mangkualam vs Alejandro Garnancho. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Regulasi pemain asing baru yang diterapkan Liga Inggris membuka peluang bagi para pesepak bola Indonesia untuk berkarier di sana. Salah satu contohnya ialah pemain asal Thailand, Suphanat Mueanta.

Suphanat Mueanta kabarnya sedang menuju ke Inggris untuk bergabung dengan Leicester City. Jika pemain asal Thailand ini bisa bermain di Liga Inggris, peluang yang didapat pemain Indonesia jelas terbuka.

Pasalnya, saat ini Inggris sudah mengumumkan aturan baru terkait izin kerja untuk para pemain luar negeri. Sebab, setiap klub hanya diperbolehkan memiliki dua hingga empat pemain tanpa ribet dengan work permit.

Baca Juga:
Video Pemain Timnas Islandia Mencoba Teknik Lemparan Maut Pratama Arhan, Begini Hasilnya

Suphanat Mueanta dikabarkan bakal dipinjamkan lebih dulu ke klub Belgia, OH Lauvren sebelum bergabung ke Leicester City. Hal itu karena striker berusia 20 tahun harus mengurus izin kerja.

"Laporan teranyar Suphanat menerima kontrak resmi dari The Foxes. Tapi dia harus pergi ke OH Leuven (klub Belgia), klub yang juga dimiliki King Power International Group, untuk mendapatkan izin kerja," tulis laporan Mainstand.

Sebelumnya, pemain-pemain non Eropa memang menghadapi tantangan yang tak mudah untuk bisa bermain di Liga Primer Inggris. Sebab, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa berkarier di kasta tertinggi.

Baca Juga:
Dipuji Selangit Jurnalis Eropa, Marselino Ferdinan Merendah

Salah satunya yakni bahwa pemain tersebut harus mendapatkan izin kerja yang dikeluarkan oleh pemerintah Inggris. Izin kerja semacam ini bisa diperoleh apabila pemain tersebut berasal dari negara yang termasuk dalam 70 besar ranking FIFA.

Selain itu, pemain yang bersangkutan harus sudah bermain bersama tim nasionalnya, setidaknya minimal selama dua tahun.

Persoalan izin kerja inilah yang paling sering menyulitkan pesepak bola asing yang ingin merintis kariernya di Inggris. Beberapa pemain akhirnya batal bergabung karena tak mendapatkan izin kerja.

Baca Juga:
Kompak dengan Thomas Doll, Media Argentina Terkesima dengan Penampilan Timnas Indonesia

Dengan fenomena bergabungnya Suphanat Mueanta, tentu para pesepak bola Indonesia juga punya peluang yang sama untuk bisa meniti kariernya di Liga Inggris.

Namun, Suphanat memang tak berkarier di kasta tertinggi. Pasalnya Leicester City di musim lalu harus terdegradasi dari Premier League atau liga kasta tertinggi di Inggris. Hal itu membuat mereka bakal tampil di Championship musim depan.

Baca Juga:
Apesnya Rival Timnas Indonesia Kena Bully Suporternya Sendiri, Pamer Menang di Laga FIFA Matchday Ternyata Tak Cukup

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More