Rauhanda Riyantama
Aksi Marselino Ferdinan saat laga Timnas Indonesia vs Argentina. (PSSI)

Bolatimes.com - Rekor pertandingan Timnas Indonesia melawan negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), ternyata pernah sekali memetik kemenangan.

Argentina sejatinya bukan negara anggtoa CONMEBOL yang pernah dilawan Timnas Indonesia, sejarah panjang skuad Garuda ternyata pernah berbuah manis.

Timnas Indonesia pernah menorehkan tinta emas saat berhadapan dengan perwakilan CONMEBOL, meskipun hal itu terjadi berpuluh-puluh tahun lalu.

Baca Juga:
6 Pesepak Bola dengan Bayaran Termahal Saat Ini, Karim Benzema Lewati Cristiano Ronaldo

Baru saja skuad Garuda menyelesaikan laga FIFA Matchday melawan Argentina pada Senin (19/6/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Di bawah komando Shin Tae-yong, tuan rumah sebenarnya mampu menahan imbang Argentina dengan skor 0-0 hingga menit ke-38.

Sayangnya lesakan roket Lorenzo Paredes tak mampu dibendung Ernando Ari Sutaryadi selaku kiper Timnas Indonesia saat itu.

Baca Juga:
Begini Awal Mula Asnawi Mangkualam Saling Follow di Instagram dengan Alejandro Garnacho

Meski tanpa diperkuat Lionel Messi, Nicolas Otamendi dan Angel Di Maria, Argentina berhasil menggandakan keunggulan di babak kedua.

Lewat tandukan Christian Romero pada menit ke-55, skor 0-2 bertahan hingga pertandingan berakhir dan kemenangan menjadi milik Argentina.

Pertandingan melawan Tim Tango ini menggenapi riwayat bermain skuad Garuda melawan negara perwakilan CONMEBOL menjadi lima pertandingan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Tak Termasuk, Ini 4 Negara ASEAN yang Langsung ke Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Sebelum Argentina, ada dua tim anggota CONMEBOL yang pernah dilawan Timnas Indonesia, Uruguay dan Paraguay.

Uruguay bahkan sudah tiga kali menjajal kekuatan Timnas Indonesia lintas generasi, diawali pada 19 April 1974 dan dimenangi skuad Garuda dengan skor 2-1.

Dua gol Timnas Indonesia ke gawang Uruguay saat itu dicetak oleh Abdul Kadir dan Anjas Asmara, tiga hari berselang giliran skuad Garuda yang kalah.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Berjuang di Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Ini Daftar Calon Lawannya

Pasukan Merah Putih dikalahkan Uruguay pada pertandingan di laga kedua, 21 April 1974 yang berakhir dengan skor 2-3 untuk keunggulan wakil Amerika Selatan.

Duel Timnas Indonesia melawan anggota CONMBEOL berlanjut pada 16 Februari 1986, kali ini giliran Paraguay.

Sayangnya Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan tipis dengan skor akhir 2-3.

Terakhir terjadi pada 2010 lalu, saat Timnas Indonesia masih diperkuat Boaz Solossa dan Bambang Pamungkas.

Uruguay kembali menyambangi Indonesia bersama Luis Suarez, Edinson Cavani, Martin Careres dan lainnya.

Hasilnya skuad asuhan Alfred Riedl saat itu dilibas dengan sangat telak, 1-7 dengan satu-satunya gol skuad Garuda dari Boaz Solossa.

Kontributor: Eko
Load More