Husna Rahmayunita
Cek Fakta FIFA Tak Percaya Timnas Indonesia Cuma Kalah 0-2 dari Argentina. (YouTube/Garuda IDN)

Bolatimes.com - Seusai laga melawan Timnas Argentina, kanal YouTube Garuda IDN mengunggah sebuah video yang mengklaim bahwa FIFA tak percaya Timnas Indonesia hanya kalah 2-0 dari Argentina.

Dalam judul video yang diunggah oleh kanal YouTube Garuda IDN itu, FIFA disebut-sebut sampai tak percaya karena Timnas Indonesia mampu menahan Argentina dengan skor 2-0 pada laga FIFA Matchday ini.

“FIFA Sampai Tak Percaya! Indonesia Bisa Nahan Argentina Dengan Skor 2-0,” bunyi judul yang digunakan oleh kanal YouTube Garuda IDN dalam video unggahannya pada Senin (19/6/2023) itu.

Baca Juga:
Bakal Lawan Tetangga Indonesia Di FIFA Matchday, Pelatih Malaysia Ketar-ketir dan Minta Pemain Hati-hati

Dalam video tersebut, pembahasan soal klaim ini disajikan pada bagian awal video dengan sub-judul “Komentar FIFA Setelah Melihat Indonesia Lawan Argentina”.

Lalu, benarkah FIFA menyampaikan hal itu sesuai pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Argentina? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Baca Juga:
Kalahkan Timnas Indonesia Tanpa Lionel Messi, Netizen Argentina Justru Ketar-ketir

Dalam video berdurasi 8:44 menit itu, kanal YouTube Garuda IDN membahas klaim ini dari bagian awal hingga menit 2:10.

Klaim ini diawali dengan penjelasan narator yang menyebutkan bahwa Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mendapatkan pujian dari FIFA karena bisa menggelar laga FIFA Matchday melawan Argentina.

“Sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI yang sukses menyelenggarakan sebagai tuan rumah,” ujar narator dalam video tersebut.

Baca Juga:
Bikin Timnas Indonesia Repotkan Argentina, Shin Tae-yong Dapat Pujian Selangit Lionel Scaloni

Sebetulnya, tidak ada sama sekali pernyataan yang menyebutkan bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino, merasa tak percaya dengan kemampuan Timnas Indonesia yang bisa menahan Argentina dengan skor 2-0.

Selain itu, pernyataan-pernyataan yang disampaikan oleh Gianni Infantino berdasarkan klaim kanal YouTube Garuda IDN itu juga tak bisa diverifikasi sumbernya.

“Gianni Infantino selaku Presiden FIFA menyatakan bahwa Timnas Indonesia sudah menunjukkan peningkatan yang sangat berarti dalam beberapa tahun terakhir. Dia berharap Indonesia tetap terus mengupgrade pertahanan ini ke depannya,” ujar narator video tersebut.

Baca Juga:
Tahan Imbang Palestina dan Dikalahkan Argentina, Indonesia Turun Peringkat di Ranking FIFA

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim kanal YouTube Garuda IDN dalam video unggahannya tersebut tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Sebab, pernyataan-pernyataan Gianni Infantino tak bisa diverifikasi kebenarannya.

Selain itu, tak ada pula kesesuaian antara judul dengan isi konten yang disajikan. Hal ini termasuk dalam kategori false-connection atau koneksi yang salah. Dapat disimpulkan pula bahwa video ini mengandung hoaks atau informasi yang salah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More