Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia alami penurunan peringkat di ranking FIFA setelah hanya meraih hasil imbang lawan Palestina dan dikalahkan Argentina

Sebagai informasi, Timnas Indonesia menduduki peringkat 149 dunia dengan torehan 1046,14 poin sebelum memainkan dua laga FIFA Matchday Juni 2023.

Nah, PSSI kemudian memilih Palestina dan Argentina sebagai lawan skuad Garuda di laga uji coba internasional bulan ini.

Baca Juga:
Kelar Main di Indonesia, Berikut Agenda Timnas Argentina Selanjutnya

Hasilnya cukup mengecewakan. Setelah menahan imbang Palestina tanpa gol pada 14 Juni lalu, Timnas Indonesia dibungkam juara Piala Dunia 2022 Argentina dengan skor 2-0.

Hasil imbang menghadapi Palestina membuat Timnas Indonesia mendapat tambahan 1,77 poin dan sempat tetap menduduki peringkat 149 dunia. Namun, setelah kekalahan dari Argentina, tim asuhan Shin Tae-yong kehilangan 0,45 poin.

Ranking FIFA terbaru Timnas Indonesia usai kalah dari Argentina. Turun satu peringkat ke urutan 150. [Football-Ranking]

Sejatinya, poin Timnas Indonesia tetap mengalami penambahan di FIFA Matchday Juni 2023. Namun penurunan peringkat terjadi karena ada tim yang posisinya melonjak tinggi.

Baca Juga:
Lakukan Tekel Ciamik ke Garnacho, Asnawi Mangkualam Digoda untuk Gabung Klub Jordi Amat

Merujuk laman Football-Ranking, Selasa (20/6/2023), mereka mengakumulasi ranking terbaru negara-negara di bawah naungan FIFA per-20 Juli 2023.

Hasilnya, Timnas Indonesia turun satu peringkat ke-150 dunia dengan perolehan 1047,46 poin (+1,32).

Posisi Indonesia turun karena Botswana melonjak 15 peringkat dari 162 menuju 147 dunia setelah mendapatkan tambahan +15,07 poin selama FIFA Matchday Juni 2023.

Baca Juga:
Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Berhasil Bertukar Jersey dengan Bintang Argentina

Situasi itu membuat euforia Timnas Indonesia saat meredam Argentina dan cuma kalah tipis 0-2 terasa sedikit mengecewakan.

Pasalnya, salah satu tujuan bertanding di FIFA Matchday adalah guna meningkatkan ranking FIFA yang bakal berguna dalam penentuan seed atau pot sebuah tim di ajang-ajang internasional seperti Piala Asia hingga Piala Dunia.

Di sisi lain, Argentina tetap mampu menjaga posisinya di peringkat satu dunia berkat kemenangan atas Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Daftar Pemain yang Tak Dapat Menit Bermain di FIFA Matchday Lawan Palestina dan Argentina, Ada Lilipaly dan Irianto

Jika diakumulasi, Argentina yang memborong kemenangan atas Australia dan Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023, mendapat tambahan +2,80 poin yang membuat poin keseluruhan mereka berjumlah 1843,73 alias cuma unggul 0,20 dari Prancis di urutan kedua ranking FIFA.

Load More