Irwan Febri Rialdi
Striker Persija Jakarta Marko Simic melakukan selebrasi usai mencetak gol keempat ke gawang Borneo FC pada laga pertandingan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Senin (11/11/2019). Pada laga pertandingan tersebut Persija Jakarta berhasil menang atas Borneo FC dengan skor akhir 4-2. ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Bolatimes.com - Belakangan ini, Persija Jakarta dikabarkan akan segera reunian dengan mantan striker asingnya, Marko Simic. Rumor itu semakin memanas karena beredar video di media sosial.

Dari sebuah video yang diunggah akun Instagram @pasukan.ngapak, Marko Simic terlihat berada di training ground Persija Jakarta. Penyerang asal Kroasia itu terlihat berlatih keras mengolah bola.

Namun demikian, memang tidak ada kejelasan soal kapan video tersebut direkam. Yang jelas, beredarnya video ini kadung membuat The Jakmania, suporter Persija, ramai membicarakannya dengan narasi pro dan kontra.

Baca Juga:
Update Ranking FIFA: Thailand Gagal Perlebar Jarak dengan Timnas Indonesia

Lalu, bagaimana nantinya jika Marko Simic benar-benar bergabung menjadi pemain asing Persija Jakarta? Apakah dia bisa menjadi mesin gol Macan kemayoran seperti kiprahnya pada Liga 1 2018 silam?

Berikut Bolatimes.com menyajian dampak positif dan negatif dari kembalinya mantan penyerang asing Persija Jakarta menuju skuad Macan Kemayoran pada musim depan.

Dampak Positif Bergabungnya Marko Simic

Baca Juga:
Kejutan! Timnas Thailand Ditahan Imbang Negara Peringkat 156 Dunia di FIFA Matchday

1. Sudah Akrab dengan Lingkungan

Marko Simic memang tercatat sudah hampir empat tahun memperkuat Persija Jakarta. Dia bergabung pada akhir 2017, lalu meninggalkan Macan Kemayoran pada September 2022.

Kebersamaan antara kedua kubu juga sudah menghasilkan gelar Liga 1 2018 dan Piala Presiden 2018. Pemain asal Kroasia ini juga tak perlu banyak waktu untuk beradaptasi. Dia bisa saja jadi pemain yang tajam seperti sebelumnya.

Baca Juga:
Berterima Kasih, Argentina Merasa Senang Bisa Berada di Indonesia

2. Ada Dua Penyuplai Bola Matang

Pada musim depan, Persija Jakarta memiliki dua pemain yang bakal menjadi tukang servis bagi penyerang di lini depan. Sosok yang dimaksud ialah Riko Simanjuntak dan Ryo Matsumura.

Keahlian Riko sudah tak perlu diragukan lagi. Chemistry-nya dengan Simic juga cukup impresif. Sementara itu, Ryo bakal jadi amunisi andalan yang menguntungkan. Musim lalu, dia tampil istimewa bersama Persis Solo.

Baca Juga:
Bocoran Tempat Menginap Pemain Argentina di Jakarta, Rekan Emiliano Martinez Beri Kode di Tempat Ini

Dampak Negatif Bergabungnya Marko Simic.

1. Minimnya Dukungan The Jakmania

Salah satu dampak negatif yang bisa mencuat dari bergabungnya Marko Simic ke Persija Jakarta musim depan ialah hubungannya dengan The Jakmania yang merenggang karena konflik kontrak.

Simic sempat melayangkan surat terbuka soal kondisi kontraknya bersama Persija. Bahkan, dia membawa sengketa ini ke FIFA. Hal inilah yang membuat Persija jadi bulan-bulanan dan The Jakmania menanggung perasaan pilu.

2. Sudah Lama Tak Bermain

Setelah meninggalkan Persija Jakarta, Marko Simic sempat bergabung dengan klub asal Serbia, Radnicki 1923. Namun, kiprah itu hanya berlangsung dari September 2022 hingga Januari 2023.

Sejak saat itu, pemain berusia 35 tahun ini menganggur tanpa klub. Artinya, ini sudah nyaris enam bulan Simic tak merasakan atmosfer kompetisi tertinggi karena statusnya tersebut.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More