Irwan Febri Rialdi
Rafael Struick debut bersama Timnas Indonesia vs Palestina. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola baru-baru ini mengunggah sebuah video yang berisi soal performa pemain naturalisasi keturunan Indonesia-Belanda saat memperkuat Timnas Indonesia melawan Palestina.

Pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6/2023) itu, Rafael Struick memang tampil cukup impresif saat dipercaya Shin Tae-yong tampil sebagai starter di skuad Timnas Indonesia.

Penampilan impresif Rafael Struick memang mencuri perhatian. Dia dinilai sebagai salah satu pemain muda yang bakal menjadi tumpuan masa depan Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Beri Julukan Baru untuk Rafael Struick, Marselino Ferdinan Langsung Diserbu Netizen

Namun, kanal YouTube Kreator Bola justru menyebutkan bahwa penampilan pemain asal ADO Den Haag ini seperti membungkam orang-orang yang selama ini menggaungkan semangat Local Pride.

“Dipuji Pelatih Top! Rafael Struick Bungkam Mulut Lokal Pride – Timnas Full Senyum,” bunyi judul yang digunakan oleh kanal YouTube Kreator Bola dalam video yang diunggah pada Kamis (15/6/2023) itu.

Lantas, bagaimana sebetulnya maksud kanal YouTube Kreator Bola soal judul yang menyinggung bahwa Rafael Struick membungkam mulut lokal pride itu? Berikut Bolatimes.com menyajikan faktanya.

Baca Juga:
Resmi! Liga 1 2023/2024 akan Disiarkan oleh Televisi Ini

PENJELASAN

Jika video unggahan kanal YouTube yang berdurasi 3:03 menit ini dibedah secara lebih mendalam, sebetulnya tidak ada satu pun penjelasan yang mengarah pada sentiment local pride.

Pasalnya, narator dalam video ini hanya memberikan ulasannya soal penampilan impresif pemain berusia 20 tahun itu ketika dipercaya Shin Tae-yong tampil sebagai starter pada laga Timnas Indonesia kontra Palestina.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Berpeluang Bikin Ranking FIFA Argentina Terjun Bebas

Kreator Bola juga sempat menyinggung soal pujian yang dilayangkan oleh Shin Tae-yong terkait dengan performa Rafael Struick saat mencatatkan laga debutnya bersama skuad Merah Putih.

“Ini menjadi hal yang sangat luar biasa. Shin Tae-yong pun memuji penampilan dari Rafael Struick. Shin Tae-yong pun mengatakan dia menjadi striker masa depan Timnas Indonesia,” bunyi narator dalam video tersebut.

Di luar dari penjelasan itu, tidak ada satu pun penjelasan yang membahas soal sentimen local pride pada video ini. 

Baca Juga:
Fakta Unik, Selalu Ada Pemain Brasil yang Juara Liga Champions Selama 17 Tahun Terakhir

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa judul yang digunakan oleh kanal YouTube Kreator Bola dalam video unggahannya itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Bahkan, tidak ada kesesuaian antara judul yang digunakan oleh kreator video tersebut dengan isi yang disajikan. Hal ini dapat dikategorikan sebagai false-connection alias koneksi yang salah.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More