Irwan Febri Rialdi
Potret striker Timnas Indonesia, Witan Sulaeman seusai mencetak gol ke gawang Timnas Burundi, Selasa (28/3/2023). (Twitter/@PSSI)

Bolatimes.com - Witan Sulaeman selalu menemukan jalan untuk membela Timnas Indonesia kendati performanya dianggap sedang menurun. Witan pun disebut sebagai salah satu “anak emas” Shin Tae-yong.

Terbaru, Witan masuk ke dalam daftar pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi Palestina dan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023.

Timnas Indonesia bakal melawan Palestina lebih dulu pada Rabu (14/6/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Skuad Garuda lalu melawan Argentina di Stadion Gelora Bung Karno, Senin (19/6).

Baca Juga:
Dua Dokumen di Atas Meja, Erick Thohir Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong?

Memang seolah selalu bisa menemukan tempat di Timnas Indonesia. Hal ini sempat terjadi ketika Indra Sjafri menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-23.

Witan yang saat itu masih minim menit bermain, tetap menjadi kepercayaan Indra Sjafri di lini depan Timnas U-19. Kondisi serupa terjadi ketika ia jarang mendapat kesempatan di Eropa, masih dipercaya oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia.

Munculnya pertanyaan mengenai pemanggilan Witan Sulaeman ke Timnas Indonesia untuk melawan Palestina dan Argentina karena performanya menurun saat bersama Persija Jakarta.

Baca Juga:
Santuy Hadapi Malaysia, Timnas Kepulauan Solomon Cuma Diperkuat Satu Pemain Profesional

Witan Sulaeman belum memberi dampak signifikan sejak didatangkan Persija Jakarta pada bursa transfer putaran kedua Liga 1 2022/23. Pemain asal Palu Sulawesi Tengah tersebut didatangkan dari klub Slovakia, AS Trencin, yang bikin publik sepak bola Tanah Air heboh dibuatnya.

Statistik Witan bersama AS Trencin tidaklah buruk, Witan mencetak empat gol dan satu assist dari 14 penampilan. Pemain Timnas Indonesia itu pun dinilai bisa dengan mudah beradaptasi dan bersaing di Liga 1.

Namun kenyataannya tidak demikian. Witan belum mencetak gol maupun assist dari enam penampilannya bersama Persija Jakarta di Liga 1 2022/23.

Baca Juga:
Terungkap Penyebab Lionel Messi sempat Ditahan Imigrasi China Selama 2 Jam

Dalam setengah musim bersama Persija, Witan Sulaeman memainkan 10 pertandingan dengan torehan dua gol dan satu assist buat Macan Kemayoran.

Kendati begitu, performa Witan Sulaeman sebetulnya membaik saat berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas di SEA Games 2023.

Keberhasilan itu pula besar kemungkinan menjadi latar belakang keputusan Shin Tae-yong untuk memasukkan Witan Sulaeman ke skuad Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday mendatang.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Setelah Dibujuk Erick Thohir, Argentina FA Resmi Datangkan Lionel Messi ke Indonesia

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More