Husna Rahmayunita
Pelatih Shin Tae-yong saat memimpin pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, jelang FIFA Matchday Juni 2023 kontra Palestina dan Argentina. [PSSI]

Bolatimes.com - Shin Tae-yong memasuki tahun ketiganya membesut Timnas Indonesia. Sejumlah pemain disebut-sebut jadi anak emas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Lewat tangan dingin Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mengalami peningkatan. Memang belum ada gelar juara yang dipersembahkan eks pelatih Korea Selatan tersebut, namun permainan Timnas Indonesia diyakini mengalami progres menanjak.

Kualitas dan kedisiplinan menjadi dua hal yang dipegang teguh oleh Shin Tae-yong dalam memilih pemain untuk Timnas Indonesia sehingga bisa memberikan yang terbaik.

Baca Juga:
Tak Cuma Bintang Palestina, Striker Timnas Indonesia Ini Ikut Berikan Pujian Selangit untuk Stadion GBT

Tak cuma kemampuan atau skill individu, Shin Tae-yong memilih pemain berdasarkan sistem permainan yang ingin diterapkan di Timnas Indonesia. Tidak sedikit pula pemanggilan pemain yang dilakukan oleh Shin Tae-yong menuai kritikan karena dinilai kurang tepat sasaran.

Meski begitu, Shin Tae-yong nyatanya tutup telinga dan tetap pada keputusannya. Bahkan, tidak sedikit publik yang menilai ada beberapa sosok yang jadi “anak emas” Shin Tae-yong.

1. Pratama Arhan

Baca Juga:
3 Sinyal Kuat Justin Hubner bakal Lanjutkan Naturalisasi, Timnas Indonesia Makin Ngeri!

Pratama Arhan Arhan merupakan pilihan pertama Shin Tae-yong di sektor kiri pertahanan Timnas Indonesia. Bahkan lewat rekomendasinya juga, Arhan bisa berkarier di Jepang bersama Tokyo Verdy.

Salah satu kemampuan Pratama Arhan yang mencolok selama di latih Shin Tae-yong adalah kemampuan lemparan ke dalam jarak jauhnya.

Meski bakal bersaing dengan Shayne Pattynama di sektor bek kiri, Pratama Arhan diprediksi bisa bersaing untuk memperebutkan tempat utama di Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Profil Ilias Alhaft, Pemain Keturunan Indonesia yang Sukses Antar Almere City Promosi ke Eredivisie

2. Asnawi Mangkualam

Jika di sisi kiri ada Arhan, maka di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia rezim Shin Tae-yong selalu ada Asnawi Mangkualam yang dimainkan. 

Eks pemain PSM Makassar itu bahkan bisa berkarier di Korea Selatan lewat rekomendasi Shin Tae-yong. Setelah membela Ansan Greeners, kini Asnawi membela Jeonnam Dragons.

Baca Juga:
Pratama Arhan Akui Sudah Tahu Kekuatan Palestina, Optimis Timnas Indonesia Siap Menang Nih

3. Rachmat Irianto

Perkembangan permainan Irianto di bawah arahan Shin Tae-yong melesat cepat. Selain bisa bermain sebagai bek, kini Irianto juga kerap diturunkan sebagai gelandang bertahan.

Keputusan Shin merotasi posisi Irianto nyatanya berbuah positif. Beberapa kali Irianto memainkan peranan penting saat ada di posisi tersebut.

4. Ricky Kambuaya

Meski permainannya dinilai menurun selama musim lalu bersama Persib Bandung, Ricky nyatanya masih mendapat tempat di Timnas Indonesia era Shin Tae-yong.

Cara bermain Kambuaya dan kemampuannya di lini tengah menjadi aspek yang sangat diperhatikan oleh Shin Tae-yong sehingga masih mempercayakan tempat di Timnas Indonesia.

5. Witan Sulaeman

Sama seperti Ricky, meski permainan Witan dinilai menurun belakangan ini, Shin Tae-yong tetap memanggil pemain Persija Jakarta tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More