Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Jose Mourinho menjadi Dirtek PSSI. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola baru-baru ini mengunggah sebuah video dengan klaim yang diragukan kebenarannya. Mereka menyebut bahwa PSSI merekrut Jose Mourinho untuk mengisi jabatan Direktur Teknik (Dirtek).

Klaim tersebut tercermin dalam judul yang digunakan kanal YouTube Kreator Bola dalam video unggahannya. Mereka menyampaikan informasi bahwa PSSI menunjuk Jose Mourinho sebagai Dirtek untuk target Piala Asia.

“Dirtek Baru Tiba!! PSSI Rekrut Jose Mourinho demi Target Piala Asia – Ternyata Benar,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube Kreator Bola dalam video yang diunggah pada Kamis (8/6/2023).

Baca Juga:
Pasrah, Shin Tae-yong Sampaikan Dua Pesan ke Pemain Timnas Indonesia Jelang Lawan Palestina dan Argentina

Lalu, bagaimana fakta yang sesungguhnya? Benarkah klaim yang disebutkan oleh video tersebut soal penunjukan Jose Mourinho sebagai Direktur Teknik (Dirtek) PSSI yang baru? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Apabila video berdurasi 3:11 menit itu disimak secara lebih seksama, sebetulnya tidak ada fakta yang menguatkan klaim kanal YouTube Kreator Bola soal penunjukkan Jose Mourinho sebagai Direktur Teknik PSSI yang baru.

Baca Juga:
Mengenal Piala Kaisar, Turnamen Sepak Bola Legendaris Jepang yang Jadi Panggung Pratama Arhan

Sebab, pada bagian-bagian awal, video ini hanya menyebutkan soal kiprah Jose Mourinho yang dikagumi banyak orang berkat prestasinya di sepak bola Eropa.

Kemudian, video ini membahas soal ucapan selamat ulang tahun yang disampaikan pelatih berjulukan The Special One itu kepada Erick Thohir. 

"Halo, Erick! Selamat ulang tahun. Anda tahu, kami tidak akan pernah melupakanmu. Kami tahu ke mana Anda akan menuju," kata narator video tersebut menirukan ucapan Mourinho.

Baca Juga:
Perbandingan Gaji Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo di Arab Saudi, Siapa Lebih Tinggi?

"Kami mendoakan yang terbaik untukmu, tapi yang terpenting kebahagiaan dan kesehatan. Semoga bisa segera berjumpa," lanjutnya.

Kemudian, dari ucapan ini, video tersebut mengaitkan antara kepergian Erick Thohir ke Jerman untuk mencari Dirtek yang baru. Artinya, ada dua konteks berbeda yang coba dihubungkan video ini.

“Tentunya dengan hasil dan sinyal tersebut membuat Jose Mourinho semakin tertarik untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Apalagi saat ini Dirtek Timnas saat ini sedang kosong,” bunyi narator dalam video tersebut.

Baca Juga:
Gabung Persis Solo, Ramadhan Sananta Disambut Pemain dari Argentina

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim video unggahan Kreator Bola ini tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Sampai saat ini, belum ada Direktur Teknik baru yang direkrut PSSI.

Kemudian, klaim soal penunjukan Jose Mourinho juga terkesan mengada-ada. Apalagi, judul video dengan isi yang disajikan tidak memiliki hubungan, atau bisa disebut sebagai false connection alias koneksi yang salah.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More