Rauhanda Riyantama
Rafael Struick dan Ivar Jenner menjalani TC bersama Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan alasan mengapa Timnas Indonesia bisa mengalahkan Argentina pada agenda FIFA Matchday Juni 2023 mendatang.

Timnas Indonesia akan melakoni agenda FIFA Matchday Juni 2023 dengan menghadapi salah satu lawan berat, yakni Argentina.

Tim berjuluk La Albiceleste itu akan berkunjung ke Indonesia dengan status sebagai juara Piala Dunia 2022 lalu dan juga negara peringkat pertama di ranking FIFA.

Baca Juga:
Belum Lengkap, 11 Pemain Belum Bergabung ke TC Timnas Indonesia

Di sisi lain, Argentina dipastikan akan membawa para pemain terbaiknya. Total ada 27 nama yang akan dibawa, di mana mayoritas pemain yang dipanggil adalah pemain andalan saat menjuarai Piala Dunia 2022.

Sebut saja nama-nama seperti Lionel Messi, Enzo Fernandez, Emiliano Martinez, Angel Di Maria, Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister, dan pemain lainnya.

Para pemain bintang ini dibawa oleh pelatih Argentina, Lionel Scaloni, untuk menghadapi Timnas Indonesia pada Senin (19/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Baca Juga:
Kisah Sandy Walsh dan Thom Haye Pernah Juara Piala Eropa U-17 2012, Kini Bakal Reuni di Timnas Indonesia?

Dengan statusnya serta pemain bintang yang dibawa, Argentina diyakini bisa mengikuti jejak Uruguay dengan membantai Timnas Indonesia.

Akan tetapi, ada beberapa alasan masuk akal jika nantinya Timnas Indonesia membuat kejutan dan mengalahkan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023 nanti.

Apa saja alasan tersebut? Berikut rangkumannya.

Baca Juga:
Masih Ada Klub yang Belum Lepas Pemain ke TC, Manajer Timnas Indonesia: Mohon Pengertiannya

1. Kondisi Fisik Pemain Argentina

Sebelum melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023, Argentina akan bertanding terlebih dahulu melawan Australia di Beijing, China, pada 15 Juni 2023.

Dengan jarak pertandingan yang begitu singkat serta jarak tempuh Indonesia-China yang rata-rata mencapai tujuh jam, maka skuad Argentina akan dilanda kelelahan.

Baca Juga:
Diprotes Gegara Wacana Konvoi Timnas Indonesia Jelang Lawan Palestina, Wali Kota Surabaya Angkat Bicara

Apalagi banyak pemain Argentina yang baru menyelesaikan musimnya. Sehingga, Timnas Indonesia bisa memanfaatkan kelelahan tersebut untuk mendulang hasil positif atas La Albiceleste.

2. Taktik Shin Tae-yong

Kehebatan Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pernah diakui oleh Presiden AFA, Claudio Tapia, dan disebut sebagai salah satu alasan Argentina mau bertanding melawan skuad Garuda.

Di laga kontra Argentina ini, taktik Shin Tae-yong pun akan kembali diuji. Diyakini, ia akan memainkan taktik pragmatis agar Timnas Indonesia bisa meraih hasil positif.

Taktik pragmatis ini yakni gaya bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat, yang telah dipraktikkannya saat melakoni Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu melawan tim-tim seperti Kuwait dan Yordania.

3. Argentina Tak Full Team

Meski membawa para pemain terbaiknya, ada kemungkinan Lionel Scaloni akan melakukan rotasi dan membuat timnya tak tampil Full Team di laga kontra Timnas Indonesia.

Berkaitan dengan poin pertama soal kelelahan, jarak laga yang singkat dan perjalanan yang jauh membuat Argentina bisa melakukan rotasi besar-besaran dan menurunkan pemain lapis kedua sejak menit pertama.

Kondisi ini akan menguntungkan Timnas Indonesia untuk bisa mencetak gol awal dan bermain bertahan di sisa laga agar bisa meraih hasil positif pada pertandingan melawan Argentina.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More