Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Timnas Argentina akan Tiba di Indonesia Sekitar Tanggal 16 - 18 Juni.

Bolatimes.com - Beredar informasi jika Timnas Argentina akan tiba di Indonesia sekitar tanggal 16 hingga 18 Juni 2023 jelang duel FIFA Matchday antara kedua negara. Benarkah?

Informasi tersebut diedarkan kanal YouTube GARUDA JAYA yang terlihat dari Thumbnail maupun judul yang digunakannya dalam video unggahannya.

Dalam Thumbnail video, diklaim bahwa Timnas Argentina tiba di Indonesia kemungkinan pada 16-18 Juni 2023. Lalu dari judulnya, GARUDA JAYA mengklaim La Albiceleste akan tiba pada 17 Juni 2023.

Baca Juga:
Kisah Sandy Walsh dan Thom Haye Pernah Juara Piala Eropa U-17 2012, Kini Bakal Reuni di Timnas Indonesia?

“DISAMBUT DENGAN SANGAT MERIAH - Di Pastikan Argentina Mendarat Dengan Selamat Pada Tanggal 17 Juni,” bunyi judul video GARUDA JAYA yang dikutip pada Rabu (7/6).

Sejak video itu diunggah enam hari lalu, video tersebut sudah ditonton sebanyak 6 ribu kali lebih dan menuai delapan komentar dari netizen Tanah Air.

PENJELASAN

Baca Juga:
Masih Ada Klub yang Belum Lepas Pemain ke TC, Manajer Timnas Indonesia: Mohon Pengertiannya

Video unggahan GARUDA JAYA itu dibuka dengan konferensi pers Erick Thohir yang menyebutkan tanggal 19 Juni, Indonesia akan punya pertandingan kelas dunia.

Lalu, video dilanjutkan dengan narasi GARUDA JAYA yang menyebut Timnas Indonesia akan melawan Timnas Argentina.

Narasi dilanjutkan dengan klaim bahwa beredar kabar Timnas Argentina akan tiba di Indonesia pada tanggal 16 hingga 18 Juni 2023.

Baca Juga:
Diprotes Gegara Wacana Konvoi Timnas Indonesia Jelang Lawan Palestina, Wali Kota Surabaya Angkat Bicara

Setelah itu, video dilanjutkan dengan narasi mengenai informasi pertandingan ini, seperti venue, jadwal Kick Off, hingga tiket untuk menonton pertandingan.

Disebutkan bahwa rencananya pertandingan ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Kick Off akan dimulai pada pukul 19.30 WIB.

Lalu narasi berlanjut soal info penjualan tiket pertandingan yang akan dibuka pada 5 Juni khusus untuk pengguna BRI dan 6-7 Juni untuk umum.

Baca Juga:
Media Palestina Keluhkan Banyak Pemain Absen Lawan Timnas Indonesia, Takut Hadapi Anak Asuh Shin Tae-yong?

KESIMPULAN

Berdasarkan Thumbnail, judul, dan isi dalam video unggahan GARUDA JAYA, maka informasi tak sesusai dengan fakta di lapangan.

Pasalnya, klaim bahwa Timnas Argentina akan tiba di Indonesia antara tanggal 16-18 Juni 2023 tak memiliki dasar, karena tak adanya informasi yang menyebutkan hal tersebut.

Justru Erick Thohir selaku Ketua Umum (Ketum) PSSI menegaskan bahwa Timnas Argentina ingin masalah jam kedatangan serta hotel untuk tempat tinggal bersifat konfidensial atau rahasia.

Jadi, tak diketahui pasti kapan Argentina akan tiba di Indonesia. Hanya saja, kanal YouTube GARUDA JAYA mengklaim bahwa kedatangan La Albiceleste terjadi antara 16-18 Juni 2023 atau 17 Juni 2023.

Klaim tersebut pun terbilang punya dasar tersendiri, mengingat pertandingan melawan Timnas Indonesia akan tersaji pada tanggal 19 Juni 2023.

Lalu, Argentina baru akan datang ke Indonesia setelah tanggal 15 Juni 2023, atau setelah melawan Australia di Beijing, China.

Dengan penjelasan dan kesimpulan tersebut, dapat dikatakan bahwa informasi yang diedarkan oleh GARUDA JAYA masuk dalam kategori hoaks karena kedatangan Argentina dipastikan oleh Erick Thohir bersifat konfidensial atau rahasia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More