Irwan Febri Rialdi
Cek fakta bintang Argentina bela Indonesia. (YouTube/Injury Time TV)

Bolatimes.com - Belakangan ini, kanal YouTube Injury Time TV mengunggah sebuah video yang narasinya menyebutkan bahwa pemain bintang Argentina membela Indonesia menjelang FIFA Matchday.

Menariknya, video yang menggunakan judul seperti ini sudah ditonton lebih dari 100 ribu kali semenjak dua hari diunggah oleh kanal YouTube Injury Time TV. Selain itu, mereka juga mengulas soal kehadiran Sandy Walsh di Indonesia.

“Kaget! Bintang Argentina Membela Indonesia! Sandy Walsh TIba di Tanah Air!” bunyi judul yang ditulis kanal YouTube Injury Time TV dalam video unggahannya tersebut.

Baca Juga:
Singapore Open 2023: Libas Ganda Taiwan, Bagas/Fikri Tantang Unggulan Ketiga di Babak Kedua

Lantas, bagaimana fakta yang sesungguhnya? Siapa sosok pemain bintang Argentina yang dimaksud oleh kanal YouTube Injury Time TV tersebut? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Dalam video yang berdurasi 5:35 menit tersebut, sebetulnya kanal YouTube Injury Time TV sebetulnya menyajikan pernyataan yang tidak memiliki hubungan kontekstual antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya.

Baca Juga:
Pelatih Argentina Sebut Australia Lawan Paling Sulit Di FIFA Matchday Juni 2023, Gimana dengan Timnas Indonesia?

Pada bagian awal video, narator hanya membahas soal cibiran yang dilayangkan publik Asia Tenggara soal pertandingan Timnas Indonesia melawan Argentina yang dianggap hanya mencari popularitas semata.

Cibiran ini sebetulnya merujuk pada pernyataan Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang menyebut bahwa pihaknya tak ingin mencari popularitas dengan bertanding melawan negara besar.

Selanjutnya, narasi video ini diarahkan kepada pernyataan pemain bintang Timnas Argentina, Alexis Mac Allister.

Baca Juga:
Timnas Argentina Sudah Terbang ke China untuk FIFA Matchday, Lionel Messi Masih Belum Terlihat

Padahal, sebetulnya pernyataan yang dimaksud oleh Mac Allister itu ialah menganggap bahwa laga melawan Australia dan Indonesia sangat penting untuk La Albiceleste karena akan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Copa America 2024.

“Saya pikir FIFA Matchday melawan Australia pada 15 Juni dan melawan Indonesia empat hari kemudian akan sangat penting untuk melihat tim,” kata Mac Allister, dikutip dari Infobae, Senin (5/6/2023).

“Terus menyesuaikan beberapa detail dan mudah-mudahan Copa América, kualifikasi (Piala Dunia 2026), semua yang datang ke Tim nasional Argentina baik,” lanjutnya.

Baca Juga:
Tak Mau Kalah, Palestina Punya 8 Pemain Abroad untuk Hadapi Timnas Indonesia

“Saya merasa ada hubungan yang sangat besar dengan orang-orang, bahwa ada getaran yang baik dan itu membantu kami,” sambungnya.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim kanal YouTube Injury Time TV soal bintang Argentina yang membela Indonesia tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, ada ketidaksesuaian konteks antara dua peristiwa yang disajikan. Mac Allister sama sekali tak memberikan pembelaan khusus untuk Indonesia terkait cibiran negara-negara ASEAN soal laga melawan Argentina.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More