Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-22 berpose dengan medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa)

Bolatimes.com - Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada Timnas Indonesia U-22 berupa bonus usai meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Pemberian bonus ini dilakukan di Istana Negara pada Senin (5/6/2023) kemarin. Para pemain Timnas Indonesia U-22 mendapat bonus sebesar Rp 367,5 juta per orang.

Nominal tersebut memang ditujukan untuk peraih medali emas kategori beregu di SEA Games kemarin. Jokowi pun berpesan agar bonus yang didapatkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama untuk investasi jangka panjang.

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia vs Argentina, Asnawi Mangkualam Diisukan Hengkang dari Jeonnam Dragons, Pulang Kampung?

Lantas, apa saja cara kelola bonus SEA Games 2023 untuk para pemain Timnas Indonesia U-22 supaya tak susah di masa tua?

1. Ditabung

Hal utama yang bisa dilakukan oleh para pemain Timnas Indonesia U-22 terhadap bonus yang didapatkan adalah menabungnya.

Baca Juga:
Ucapkan Assalamualaikum, Gadis Cantik Kamboja yang Disapa Marselino Ferdinan Bikin Netizen Syok

Jumlah nominal bonus yang ditabung tergantung pada kebutuhan. Bisa 80% kemudian 20% sisanya digunakan untuk keperluan atau bisa menabung semua bonusnya.

Membuat tabungan bisa menjadi solusi bijak yang diambil karena bisa menjadi dana darurat ketika masa tua atau kondisi-kondisi darurat.

2. Investasi

Baca Juga:
Tak Disangka, Timnas Indonesia Senior Dapat Undangan Main di Piala Dunia 2023 Bareng Inggris

Ada beberapa cara investasi yang bisa dilakukan oleh pemain Timnas Indonesia U-22 terhadap bonus SEA Games 2023 yang didapatkan.

Investasi itu bisa berupa membeli properti seperti rumah atau tanah, bisa juga berupa membeli emas, atau bermain saham jika punya kemampuan dan pengetahuan.

3. Ikut Lisensi Kepelatihan

Baca Juga:
Urusan Pribadi, Bali United Tanpa Dua Pemain Asing Baru saat Hadapi PSM Makassar

Dengan bonus yang didapatkan dari SEA Games 2023, para pemain Timnas Indonesia U-22 bisa menggunakannya untuk membiayai kursus pelatih atau mengambil lisensi pelatih.

Mengambil lisensi pelatih akan sangat bermanfaat untuk para pemain ketika sudah pensiun dan usia semakin uzur. Pelatih bisa menjadi profesi yang diambil setelah gantung sepatu.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More