Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Josh Kennedy dari Australia (kiri) bersaing dengan kapten Indonesia Charis Yulianto (kanan) selama pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2011 di Brisbane pada 3 Maret 2010. Australia menang 1-0. (AFP/Greg Wood)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong memanggil dua legenda Timnas IndonesiaCharis Yulianto dan Haryanto Prasetyo, untuk menjadi asisten pelatih yang baru pada laga FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina.

Mereka bergabung selama pemusatan latihan menjelang dua laga FIFA Matchday ini. Untuk diketahui, Charis dan Haryanto adalah mantan pemain Timnas Indonesia.

Charis Yulianto bermain di era 2004 hingga 2010. Sedangkan Haryanto Prasetyo yang juga adik kandung dari Indriyanto Nugroho (asisten pelatih Timnas U-16) juga pernah menjadi penggawa skuad Garuda.

Baca Juga:
Pesan Presiden Jokowi Usai Beri Bonus Rp 367,5 Juta kepada Timnas Indonesia U-23: Jangan Beli Mobil

Masuknya Charis dan Haryanto sendiri merupakan permintaan langsung dari Shin Tae-yong. Khusus Haryanto Prasetyo, ia sebelumnya pernah ikut Shin Tae-yong melatih saat Timnas Indonesia U-20 untuk pemusatan latihan di Turki.

"Tentu ini akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa karena ini juga sangat penting untuk karier saya," kata Haryanto Prasetyo dilansir dari laman PSSI, Senin (5/6/2023).

"Meskipun ini hanya masa percobaan, ini sudah kedua kalinya saya ikut Shin Tae-yong. Tentunya ini kepercayaan yang tidak ternilai bagi saya,” ia menambahkan.

Baca Juga:
Target Marselino Ferdinan jelang FIFA Matchday Juni 2023, Raih Hasil Positif pada Dua Laga Kandang

Sementara itu, bagi Charis Yulianto ini merupakan pengalaman baru baginya. Ia tak akan sia-siakan kesempatan melatih Timnas Indonesia bersama juru taktik sekaliber Shin Tae-yong.

“Tentunya ini kesempatan baik, mungkin sama seperti Haryanto, akan sangat berguna bagi karier saya. Namun, saya harus mengikuti kultur baru dari pelatihan yang diterapkan oleh Shin Tae-yong," ujar Charis.

"Adanya sosok coach Nova (Arianto) pastinya akan membuat saya dapat lebih memanfaatkan apa yang diterapkan di Timnas Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga:
Bertemu Orangtua Ahmad Al-Khuwailid, Indra Sjafri Tertarik Panggil 'Pemain Qatar' ke Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia akan menghadapi Palestina terlebih dahulu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 14 Juni 2023. Lima setelahnya baru menjamu Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Load More