Rauhanda Riyantama
Kiper Sampdoria yang bernama lengkap Emil Audero Mulyadi saat melakukan sesi latihan. (Instagram/@emil_audero)

Bolatimes.com - Ada dua pemain keturunan Indonesia dengan label Grade A atau label bintang yang bakal gabung top Eropa untuk musim depan, siapa saja?

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki banyak pemain keturunan yang berkiprah di liga-liga luar negeri, terutama di Eropa.

Para pemain keturunan ini pun punya label masing-masing, di mana label tertinggi adalah Grade A yang mengacu pada status bintang dan kompetisi yang dimainkan para pemain tersebut.

Baca Juga:
Liga Arab Saudi Makin Ganas, 6 Pesepak Bola Top Dunia Ini akan Datang Musim Depan

Belakangan pemain keturunan Grade A ini menjadi buah bibir karena Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, ingin melakukan naturalisasi terhadap pemain diaspora itu.

Tujuan menaturalisasi pemain keturunan Grade A ini pun semata-mata untuk Timnas Indonesia, dengan impian bisa menembus Piala Dunia 2026 mendatang.

Keinginan tersebut pun membuat PSSI bakal melancarkan pergerakan untuk menaturalisasi para pemain keturunan Grade A ini.

Baca Juga:
Erick Thohir akan Tindak Tegas Klub yang Larang Pemainnya Gabung Timnas Indonesia

Siapa sangka, sejauh ini ada dua pemain keturunan Grade A yang dilaporkan akan dinaturalisasi dan dirumorkan akan bermain di klub top Eropa musim depan.

Siapa saja pemain keturunan Grade A tersebut? Berikut daftarnya.

1. Emil Audero

Baca Juga:
Media Vietnam Panaskan Rumor Doan Van Hau ke Liga Indonesia, Gabung Klub Mana?

Emil Audero merupakan kiper keturunan Indonesia, tepatnya Lombok, yang berkarier di kompetisi teratas Liga Italia atau Serie A.

Di musim 2022/2023 lalu, Emil bermain untuk tim Sampdoria. Sayangnya, ia dan timnya harus terdegradasi ke Serie B usai jadi juru kunci.

Usai terdegradasi, pesona kiper berusia 26 tahun ini menarik atensi Lazio yang di musim 2022/2023 kemarin finis di peringkat kedua klasemen.

Baca Juga:
Rumor Transfer: Media Arab Saudi Klaim Lionel Messi segera Gabung Al Hilal

Dengan kata lain, Emil pun berpotensi menjadi pemain Indonesia pertama yang akan tampil di Liga Champions musim depan bersama Lazio.

Kabar naturalisasi Emil pun berkembang belakangan usai Sampdoria terdegradasi, yang membuat kesempatannya dipanggil ke Timnas Italia hampir dipastkan tertutup.

2. Jay Idzes

Jay Idzes merupakan pemain keturunan Indonesia yang berkiprah di Liga Belanda atau Eredivisie bersama Go Ahead Eagles pada musim 2022/23 lalu.

Kontraknya bersama Go Ahead Eagles pun kabarnya akan berakhir pada 30 Juni 2023, yang membuatnya masuk radar klub-klub liga top Eropa.

Salah satunya adalah tim Skotlandia, Aberdeen, yang dikabarkan tertarik meminang jasa pemain keturunan Jakarta tersebut.

Selain itu ada pula klub Liga Spanyol atau LaLiga yakni Cadiz yang juga tertarik mendatangkannya dengan status bebas transfer.

Jay Idzes kabarnya pun membuka opsi naturalisasi, sehingga PSSI tinggal melakukan akselerasi untuk mengubah status kewarganegaraannya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More