Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: 7 Pemain Keturunan Kecewa Tolak Timnas Indonesia, Kini Ingin Dinaturalisasi Lagi. (Youtube)

Bolatimes.com - Program naturalisasi Timnas Indonesia yang dijalankan PSSI terus berlanjut di era Erick Thohir, meski diwarnai dengan fenomena penolakan dari pemain keturunan.

Isu ini diangkat kanal YouTube Kilas Bola lewat sebuah video yang diunggah pada 2 Juni 2023, di mana sebanyak 7 pemain keturunan memilih menolak naturalisasi Indonesia.

Kanal YouTube Kilas Bola menyinggung siapa saja pemain keturunan yang mayoritas berasal dari Belanda pernah menolak tawaran naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Juara Piala FA, Manchester City Berpotensi Raih Treble Musim Ini

Fenomena naturalisasi memang tengah hangat diperbincangkan pasca PSSI kembali berhasil mendapatkan dua jasa pemain keturunan yang berasal dari Belanda.

Dua pemain tersebut adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick, akan tetapi proses naturalisasi kedua pemain tersebut penuh warna dan drama.

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia vs Argentina, Jordi Amat Banggakan Momen Ketika Imbangi Lionel Messi

Drama naturalisasi pemain keturunan yang sebenarnya sudah lama terjadi, namun terulang kembali di era sekarang.

PENJELASAN

Salah satunya sikap tak jelas yang ditunjukkan salah satu calon pemain keturunan asal Belanda, Justin Hubner yang saat ini bermain untuk Wolves di Liga Inggris.

Baca Juga:
Pecundangi Manchester United, Manchester City Juara Piala FA 2022/2023

Justin yang awalnya mengaku siap dinaturalisasi sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) ternyata memiliki standar ganda yang membutuhkan panggung untuk kariernya.

Di saat Ivar Jenner dan Rafael Struick bersedia dinaturalisasi tanpa timbal balik, Justin dikabarkan menginginkan bayaran dengan nominal fantastis.

Pemain yang juga dipanggil masuk Timnas U-20 Belanda itu mau dinaturalisasi asal mendapat sejumlah bayaran dari PSSI.

Baca Juga:
Kejutan, Israel Lolos ke Semifinal Piala Dunia U-20 2023 usai Tumbangkan Brasil

Karena PSSI tidak mau bernegosiasi terkait bayaran, proses naturalisasi Justin Hubner yang awalnya sudah disetujui DPR akhirnya dibatalkan.

KESIMPULAN

Justin sejatinya bukan pemain keturunan Indonesia asal Belanda pertama yang menolak naturalisasi, sebelum itu banyak pemain Negeri Kincir Angin yang lebih dulu bersikap.

Mulai dari Pascal Struijk hingga Ragnar Oeratmangoen, meskipun saat ini kembali dicoba PSSI merayu pemain-pemain tersebut untuk mau dinaturalisasi.

Penjelasan Kilas Bola lewat narasinya benar, sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan dan siapa saja pemain keturunan yang pernah menolak dinaturalsiasi.

Berikut sederet pemain keturunan yang menolak dinaturalisasi, tak hanya dari Belanda tetapi juga dari Italia.

Ragnar Oeratmangoen
Jordi Werhmann
Tijjani Reijnders
Kevin Diks
Mess Hilgers
Pascal Struijk
Emil Audero

Kontributor: Eko
Load More