Irwan Febri Rialdi
Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner, dianggap mendapatkan karma karena batal melanjutkan naturalisasinya untuk menjadi WNI. Sebab, kini namanya justru terdepak dari Timnas Belanda U-21.

Justin Hubner memang menjadi salah satu pemain keturunan yang diharapkan Shin Tae-yong bisa memperkuat Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023. Namun, proses ini akhirnya tak dilanjutkan.

PSSI memilih untuk fokus pada dua nama saja, Ivar Jenner dan Rafael Struick. Saat itu, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyebut bahwa pihaknya tak bisa memenuhi persyaratan yang diajukan Justin Hubner.

Baca Juga:
4 Fakta Menarik Gali Freitas, Pemain Asing PSIS Semarang yang Usianya Penuh Tanda Tanya

Pasalnya, untuk melanjutkan proses naturalisasi ini, Justin Hubner mengajukan sejumlah dana yang dinilai terlalu besar bagi PSSI. Federasi pun memilih angkat tangan dan membatalkan proses naturalisasinya.

"Yang penting kita tidak dapat penuhi permintaan dia. Kita tahu timnas tidak ada yang seperti itu. Semua untuk merah putih," ucap Arya Sinulingga dalam sebuah diskusi bersama PSSI Pers, pada medio April 2023.

"Yang kita proses ada dua yang siap bergabung dengan kita. Wajar kita agak terhambat di Kemensetneg, karena ada satu yang masih kita negosiasi. Jadi kita tidak melanjutkan untuk naturalisasi terhadap Hubner, karena ada permintaan Hubner yang tidak bisa kita penuhi," ucap Arya.

Baca Juga:
Follow Akun Instagram Erick Thohir, Emil Audero Mulyadi Kode Bakal Dinaturalisasi PSSI untuk Bela Timnas Indonesia?

Pada saat yang sama, nama Justin Hubner memang sempat dipanggil Timnas Belanda U-21 yang mengikuti sebuah kejuaraan mini di Marbella, Spanyol. Hal itulah yang tampaknya membuat Justin memiliki harapan besar.

Namun, nyatanya dia justru gagal memperkuat Timnas Belanda U-21. Yang terbaru, bek berusia 19 tahun ini tak muncul dalam daftar pemanggilan pemain untuk menghadapi Euro U-21 2023 di Rumania dan Georgia.

Akibat hal ini, Justin Hubner sempat membuat instastory di akun Instagramnya. Dia mengunggah fotonya yang menggunakan jersey Timnas Indonesia dalam sebuah pertandingan uji coba.

Baca Juga:
Resmi Rekrut Wonderkid Timor Leste, PSIS Semarang Bongkar Tanggal Lahir Gali Freitas

Laga itu diperkirakan terjadi saat Timnas Indonesia U-20 menggelar pemusatan latihan jangka panjang di Turki pada medio 2022 silam.

Dalam unggahannya itu, Justin Hubner juga memberikan emoji meminta maaf sembari menggunakan jersey Timnas Indonesia. Namun, belum diketahui secara pasti apa maksud dari unggahan bek Wolverhampton Wanderers U-21 ini.

Baca Juga:
4 Pelatih Lokal di Liga Indonesia Musim 2023/2024, Ada Eks Nakhoda Timnas Indonesia

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More