Irwan Febri Rialdi
Pemain Vietnam, Doan Van Hau diserang netizen. (Instagram/doanvanhau_1904)

Bolatimes.com - Perubahan regulasi penggunaan kuota pemain asing di Liga 1 musim depan memang memunculkan banyak sekali talenta Asia Tenggara yang bisa dibawa ke Indonesia, salah satunya bek Timnas Vietnam, Doan Van Hau.

Doan Van Hau dinilai sebagai salah satu komoditas transfer terpanas yang layak didatangkan untuk mengisi kuota pemain ASEAN di Liga 1 musim depan.

Sejauh ini, memang baru ada sembilan klub Liga 1 yang sudah mendatangkan pemain asal Asia Tenggara ini di bursa transfer. Dari semua nama, Filipina menjadi negara yang paling mendominasi.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Joachim Low Resmi Jadi Dirtek PSSI, Dikontrak 6 Tahun

Melihat ada banyak klub Liga 1 yang belum mengisi slot pemain ASEAN ini, tentu Doan Van Hau layak menjadi salah satu incaran untuk meramaikan persaingan para pemain Asia Tenggara musim depan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat bek andalan Timnas Vietnam, Doan Van Hau, layak direkrut klub Indonesia untuk mengisi kuota pemain ASEAN pada musim depan.

1. Pemain Serbaguna

Baca Juga:
Bakal Telat Gabung TC Timnas Indonesia Jelang FIFA Matchday, Jordi Amat Tak Keder Lawan Lionel Messi

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Doan Van Hau ialah kemampuannya bermain di sejumlah posisi yang berbeda. Posisi natural yang biasa ditempati pemain binaan Hanoi FC ini sebetulnya sebagai bek kiri.

Namun, bek berusia 24 tahun ini bisa diplot mengisi formasi tiga bek sejajar. Tentu penempatannya mesti berada di kiri. 

Oleh karena itu, Doan Van Hau bisa menjadi alternatif yang cukup spesial apabila pelatih menyiapkan beberapa skema, baik itu dengan tiga atau empat bek.

Baca Juga:
Rencana Kompetisi PSSI Musim 2023/2024: dari Liga 1 hingga Piala Indonesia

2. Tukang Servis Penyerang

Doan Van Hau juga dikenal sebagai sosok bek kiri yang kerap memberikan umpan-umpan matang di lini serang. Hal ini karena kemampuan crossing-nya yang terhitung mumpuni.

Pada musim ini saja, dia sudah mencatatkan tiga assist dari delapan penampilannya bersama Cong An Hanoi FC di ajang V League 1 2023.

Baca Juga:
Daftar Juara Liga Europa Sepanjang Sejarah, Sevilla Jadi Rajanya

Catatan ini berpeluang besar untuk bertambah banyak karena ada sejumlah ajang yang diikuti, seperti, misalnya, Vietnamese Cup 2023. Pada ronde pertama, Doan Van Hau sempat mencetak satu gol ketika timnya menang 3-1 atas Khanh Hoa FC.

3. Pengalaman Internasional

Mental tangguh yang dimiliki oleh Doan Van Hau memang tak hanya dibangun dengan sekejap mata. Hal itu dilewati melalui proses bertahun-tahun sejak level junior.

Apalagi, dia sudah menjadi andalan Timnas Vietnam sejak level U-19. Setelah itu, dia naik level ke semua jenjang yang ada di usia muda.

Bahkan, dia juga sudah mencatat debutnya bersama Timnas senior sejak berusia 19 tahun, tepatnya pada 5 September 2017.

Sejauh ini, Doan Van Hau telah membukukan 19 penampilan bersama Timnas Vietnam di semua ajang internasional.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More