Irwan Febri Rialdi
Marc Klok. (PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil empat pemain jebolan FC Utrecht untuk menghadapi Argentina dan Palestina pada pertandingan FIFA Matchday periode Juni 2023.

Keempat nama pemain didikan FC Utrecht ini memang melengkapi daftar 26 pemain yang telah dipilih Shin Tae-yong. Dari keempat nama itu, tiga di antaranya tengah merintis karier bersama klub Eropa.

Tentu saja, empat pemain jebolan akademi FC Utrecht ini bakal menjadi opsi terbaik yang dimiliki Shin Tae-yong karena mereka punya kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Baca Juga:
Michael Krmencik Pamit dari Persija Jakarta, Ini Dia Pesan Terakhirnya

Memang, dari semua nama ini, hanya ada dua sosok yang sudah menjadi andalan Shin Tae-yong. Akan tetapi, bukan tidak mungkin dua nama lainnya bakal moncer dan jadi amunisi baru skuad Merah Putih.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat nama pemain binaan FC Utrecht yang mendapat panggilan Shin Tae-yong di FIFA Matchday periode Juni 2023.

1. Stefano Lilipaly

Baca Juga:
Daftar Timnas Voli Putri di Ajang AVC Challenge Cup 2023, Yolla Yuliana Kembali Dipanggil

Pemain paling senior di skuad Timnas Indonesia yang berstatus sebagai jebolan akademi FC Utrecht pada agenda FIFA Matchday ini ialah Stefano Lilipaly. 

Pemain asal Arnhem, Belanda, ini sempat menimba ilmu di sana selama nyaris sembilan tahun. Setelah itu, dia sempat dua musim bermain di sana selama rentang 2010-2012.

Namun, akhirnya Lilipaly memutuskan untuk bermain bersama Timnas Indonesia meski dia juga pernah memperkuat Timnas Belanda U-17 pada 2006-2007.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Uji Kekuatan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023, Sandy Walsh Beri Tanggapan Begini

2. Marc Klok

Jika dibandingkan semua nama pemain jebolan FC Utrecht, Marc Klok tentu menjadi satu-satunya sosok yang sama sekali tak memiliki garis keturunan Indonesia.

Pemain asal Amsterdam ini mendapatkan status WNI karena sudah berkarier selama lebih dari lima tahun di Indonesia. Saat berusia muda, dia memang sempat ditempa akademi Utrecht.

Baca Juga:
PSSI Buka Suara soal Piala Indonesia 2023/2024, Minta Publik Bersabar

Selama musim 2011-2013, dia sempat bermain untuk Jong Utrecht hingga akhirnya memutuskan terbang ke Indonesia pada 2017.

3. Shayne Pattynama

Selanjutnya, ada nama Shayne Pattynama yang berpeluang besar mencatatkan debutnya bersama Timnas Indonesia pada agenda FIFA Matchday Juni 2023.

Saat masih berusia muda, dia sempat menimba ilmu bersama Ajax (2007-2010) dan Utrecht (2010-2017). Lalu, dia naik kelas ke level Jong Utrecht selama 2017-2019.

Shayne bakal menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia-Belanda yang diandalkan STY pada laga kontra Palestina dan Argentina.

4. Ivar Jenner

Dari keempat nama pemain dalam daftar ini, Ivar Jenner memang menjadi sosok yang paling muda. Sebab, pemain jebolan akademi Jong Utrecht ini baru berumur 19 tahun.

Pemain kelahiran 10 Januari 2004 ini merupakan pemain yang lahir di Utrecht dan juga menjalani tempaan bersama klub kota kelahirannya. Namun, dia sempat berlatih bersama IJFC (2010-2014) dan akademi Ajax (2014-2016).

Pemanggilan pertama yang didapatkan Ivar Jenar di Timnas Indonesia ini memang membuka peluangnya menjadi pemain andalan skuad Garuda di masa mendatang.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More