Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain Timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka Putra (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang UEA dalam laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). Indonesia menang dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 akan dikirim ke Aspire Academy, Qatar, untuk menjalani pelatihan. Sebagai informasi, Aspire Academy adalah akademi yang lahirnya Andri Syahputra, pesepak bola kelahiran Aceh yang membela Timnas Qatar U-23.

Saat ini Timnas Indonesia U-16 dihuni 56 pemain. Nantinya, akan ada seleksi yang menentukan pemain mana saja yang berhak di boyong ke Doha.

"Tentu dalam membangun timnas, tidak harus berpuas dengan timnas U-22 dan U-20. Makanya harus juga membangun Timnas U-16 Indonesia," kata Erick Thohir di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga:
Tunggu Hitam di Atas Putih, Erick Thohir Tak Bantah Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Erick Thohir saat diberi kejutan ulang tahun oleh Marco Materazzi, Eric Abidal, Roberto Carlos, dan Juan Sebastian Veron (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

"Kalau teman-teman ingat, jika mau masuk Piala Dunia 2038, pembinaan itu harus dimulai dari sekarang, sejak usia sembilan tahun. Ini pekerjaan maraton, bukan sprint 100 meter," ia menambahkan.

Erick Thohir menyebut telah berkoordinasi dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI dan pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti, perihal rencana berlatih di Aspire Academy.

Erick Thohir merasa kebijakan ini adalah hal yang bagus. Terlebih, usia U-16 adalah masa-masa di mana pemain bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

Baca Juga:
Dibading-bandingkan dengan Timnas Indonesia, Inilah 2 Rival Malaysia di FIFA Matchday Juni 2023

Pesepak bola Timnas U-17 Indonesia Arkhan Kaka Putra (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timnas U-17 Uni Emirat Arab dalam laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). Indonesia menang dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

"Nanti dari 56 pemain akan kami seleksi kemudian dikirim ke Aspire Academy di Doha selama beberapa bulan. Supaya kami bisa siap dengan kejuaraan yang akan datang," terang Erick Thohir.

Akan tetapi, belum diketahui para pemain dikirim ke Qatar. Erick mengaku masih menjalani komunikasi lebih jauh.

"Nanti dilihat lagi jadwalnya seperti apa. Kami masih perlu komunikasi lagi," pungkas Erick Thohir yang juga Menteri BUMN tersebut.

Baca Juga:
Erick Thohir akan Tinjau Stadion Utama Gelora Bung Tomo Jelang Duel Timnas Indonesia vs Palestina

Load More