Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-22 berpose dengan medali emas SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 diyakini bisa melaju dengan mulus dari fase penyisihan hingga partai final untuk meraih gelar juara Piala AFF U-23 2023 yang berlangsung di Thailand.

Pada fase penyisihan grup, Timnas Indonesia U-23 akan bersaing dengan Malaysia dan Timor Leste untuk bisa lolos ke fase gugur. Syarat paling penting untuk mewujudkannya ialah dengan menjadi juara Grup B.

Sementara itu, Grup A akan berisi empat kontestan, yakni Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Adapun Grup C melibatkan persaingan antara Vietnam, Filipina, dan Laos.

Baca Juga:
Dua Pemain Timnas Argentina yang Dibawa ke Jakarta Ternyata Pernah Dikalahkan Shin Tae-yong

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Indonesia U-23 berpeluang besar meraih gelar Piala AFF U-23 2023 meskipun kejuaraan ini berlangsung di Thailand.

1. Rekam Jejak Impresif

Salah satu alasan yang membuat Timnas Indonesia U-23 berpeluang meraih gelar juara Piala AFF U-23 2023 ialah rekam jejaknya yang positif di kejuaraan ini.

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia vs Argentina, Media Korea Selatan Perhatian pada Asnawi Mangkualam

Sebab, Timnas Indonesia U-23 pernah meraih gelar juara, tepatnya pada edisi Piala AFF U-23 2019 yang ketika itu berlangsung di Kamboja.

Setelah lolos sebagai runner-up Grup B, Timnas Indonesia U-23 lalu menang 1-0 atas Vietnam di semifinal, lalu menumbangkan Thailand 2-1 di partai final.

2. Jadi Tim Unggulan

Baca Juga:
Minder dengan Timnas Indonesia, Media Malaysia Minta Federasi Sepak Bolanya Tiru PSSI

Timnas Indonesia U-23 juga saat ini berstatus sebagai tim unggulan di Piala AFF U-23 2023. Catatan ini tak terlepas dari trofi yang pernah diraih pada edisi 2019.

Selain itu, komposisi skuad Garuda Muda juga bisa dibilang lebih matang ketimbang kontestan lain. Apalagi, para pemain juga sudah tampil bersama sejak SEA Games 2023.

Bukan tidak mungkin, skuad asuhan Indra Sjafri bisa lolos dengan mudah saat melewati adangan fase penyisihan Grup B hingga final Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga:
Perbandingan Tinggi Badan Bek Timnas Indonesia vs Argentina, Siapa Menang?

3. Efek Medali Emas

Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2023 juga diyakini akan memberikan tambahan motivasi tersendiri bagi para pemain.

Pasalnya, hal ini membuktikan bahwa kekuatan Timnas Indonesia U-23 masih bisa bersaing dengan negara-negara elite seperti Thailand dan Vietnam.

Bukan tidak mungkin, para pemain akan mendapatkan motivasi dan kepercayaan diri yang lebih untuk bisa mengulangi prestasi pada edisi 2019.

4. Pemain Berpengalaman

Dari segi nama-nama pemain yang tersedia, Timnas Indonesia U-23 memang memiliki banyak opsi untuk membangun skuad yang tangguh di Piala AFF U-23 2023.

Sebab, ada banyak pemain yang sudah mengenyam menit bermain yang reguler bersama Timnas Indonesia di level senior. Beberapa di antaranya yakni Pratama Arhan, Rizky RIdho, hingga Marselino Ferdinan.

Akan tetapi, jika pemain-pemain ini harus absen, sebetulnya masih ada banyak opsi yang bisa dipanggil karena stoknya cukup melimpah.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More